Archive Pages Design$type=blogging

News

A.D Pirous Tokoh Seni Rupa Modern asal Aceh

A.D Pirous A.D Pirous merupakan salah seorang tokoh penting dalam seni rupa modern di Indonesia. Kemunculannya pada rtist 1960-an i...

A.D Pirous
A.D Pirous merupakan salah seorang tokoh penting dalam seni rupa modern di Indonesia. Kemunculannya pada rtist 1960-an ikut mempengaruhi perkembangan seni rupa di kemudian hari. Ia terutama dikenal sebagai perupa yang pertama kali mengembangkan kaligrafi Arab (tulisan Arab yang rtistic) pada karya-karya grafis dan lukisan. Inovasi ini menempatkan dirinya memiliki peran penting dalam melahirkan kecenderungan seni rupa Islami.

Melalui karya-karya kaligrafi, Pirous sanggup mencapai puncak kemahiran dalam rangkaian menggambar, menulis, dan melukis. Kemampuannya mengolah garis, susunan yang cermat, tekstur, dan terutama warna seperti terlihat pada rtist semua karyanya, dari dulu hingga sekarang, menunjukkan kemampuannya yang tak tertandingi itu. Salah satu yang menjadi rtis khas karya lukisan kaligrafisnya adalah posisi kaligrafi yang bukan sekedar tempelan tetapi sebagai yang pokok, struktur lukisan itu sendiri. “Kaligrafi dalam karya-karya saya bukan sebagai tambal-sulam,” katanya, “tetapi sebagai struktur lukisan itu sendiri. Nah, ini yang saya temukan sendiri dan tidak saya lihat pada lukisan orang lain.”

Pencapaian estetika dan rtistic Pirous boleh dibilang mempunyai konsepsi estetis tersendiri dalam seni lukis modern yang berkembang di Indonesia. Karya-karya Pirous tidak hanya ekpresif tetapi juga komunikatif. Ia menorehkan huruf-huruf kaligrafi Arab secara tertib sebagai tanda baca, yang membentuk kata, lalu kata menyusun kalimat, dan kalimat mengandung arti tertentu. Ditangan Pirous, kaligrafi menjadi fleksibel, elastis, dinamis, dan memberikan kemungkinan luas untuk diolah sesuai latar budaya yang melingkupinya dan media yang digunakan. Dengan kaligrafi Pirous berupaya membumikan bahasa langit (yang berupa kalam illahi dan hadist Nabi) melalui proses penghayatan dan penyadaran religius. Melalui karyanya, agaknya Pirous ingin mengatakan yang spiritual lebih penting dari yang material. Dan seni bisa digunakan sebagai sarana manusia untuk menemukan kembali dimensi kerohaniannya dalam kehidupan.

Usia tidak pernah menghalangi Pirous untuk terus berkarya. Sebagai pelukis dan pegrafis, ia menghasilkan karya-karya yang mengagumkan. Karya-karya Pirous, yang mantap wawasan estetikanya, sangat mempesona dan mencerminkan kedalaman penghayatan religius dirinya terhadap obyek-obyek seni rupa yang menjadi target garapan seni lukisnya. Karya-karyanya membangkitkan ingatan banyak orang akan kegemilangan seni rupa Islam nusantara, yang pertama kalinya berkembangan di Samudera Pasai, Nanggroe Aceh Darussalam, kemudian berkembang di wilayah-wilayah lain di kepulauan nusantara.

“Karya-karya yang saya buat itu ingin saya tempatkan sebagai suatu unsur surprising, keterkejutan, dalam melihat karya itu. Selalu saya ingin dari karya itu tampil sesuatu yang membuat orang tertegun melihatnya. Tertegun karena maknanya. Karena memberikan satu kehangatan spiritual,” ujar Pirous. “Kalau Tuhan memberikan saya waktu dan kesempatan saya akan terus berkarya untuk mencatat apa-apa yang mungkin berguna untuk generasi penerus yang akan datang. Menciptakan karya-karya yang bisa turut memperkaya khasanah seni rupa Indonesia,”

Pirous dikenal di dalam dan di luar negeri sebagai pelopor seni rupa kontemporer Indonesia. Keluarga punya arti penting dalam perjalanan karier Pirous. A.D Pirous masih tampil sebagai perupa bermutu tinggi, pandai mengelola pekerjaannya, dan bernyali dalam membina hubungan-hubungan antar-bangsa di bidang seni rupa. Sepanjang kariernya, Pirous tidak terjebak untuk hanya menuangkan ketrampilan yang diulang-ulang, melainkan lebih dahulu memberi konseptualisasi yang khusus dan perenungan yang dalam. Pirous yang enerjik, Pirous yang rindu kebaruan dalam berkarya, adalah sosok yang jejak-jejak karyanya, akan selalu dikenang.***

Sumber : http://www.tamanismailmarzuki.co.id/tokoh/adpirous.html

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: A.D Pirous Tokoh Seni Rupa Modern asal Aceh
A.D Pirous Tokoh Seni Rupa Modern asal Aceh
http://1.bp.blogspot.com/-oC4g4mEE4NE/U1GTOQp4HPI/AAAAAAAAAJc/xiSn2X-762Q/s1600/ad_pirous.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-oC4g4mEE4NE/U1GTOQp4HPI/AAAAAAAAAJc/xiSn2X-762Q/s72-c/ad_pirous.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/04/ad-pirous-tokoh-seni-rupa-modern-asal.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/04/ad-pirous-tokoh-seni-rupa-modern-asal.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago