Archive Pages Design$type=blogging

News

Maestro Musik berjuluk “Biola Maut” Meninggal Dunia

Idris Sardi Salah satu maestro musik biola Indonesia yang berjuluk “Biola Maut” Lukman Sardi meninggal dunia. Ayah dari pemain film ...

Idris Sardi
Salah satu maestro musik biola Indonesia yang berjuluk “Biola Maut” Lukman Sardi meninggal dunia. Ayah dari pemain film Santi Sardi dan aktor Lukman Sardi ini menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Meilia Cibubur Senin (27/4/2014) pukul  07.25 WIB. Almarhum rencananya akan disemayamkan di Rumah Kreatif, Bumi Cimanggis Indah Blok B1 No 9, Jl Pekapuran, Cimanggis.

Idris Sardi dikenal sebagai komponis dan ilustrator musik bertangan dingin yang sudah menghasilkan sekitar 1.900 karya. Dalam dunia film, Ia pernah beberapa kali mendapat anugerah Piala Citra kategori Penata Musik Terbaik untuk beberapa film yakni Pengantin Remaja (1971), Perkawinan (1973), Cinta Pertama (1974), Doea Tanda Mata (1985).

Sebelumnya, Idris Sardi sudah dikabarkan dalam kondisi kritis dan mendapat perawatan di rumah sakit. Menurut pengamat musik Amazon, Idris Sardi yang sudah menderita sakit cukup lama ini dirawat di kediamannya di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat.

Idris Sardi lahir di Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta) pada 7 Juni 1938.  Ia adalah anak dari pemain biola Orkes RRI Studio Jakarta, Bp. Sardi. Kelincahan bermain biola sejak masih kecil merupakan bakat yang turun dari orang tuanya. Sewaktu di Yogyakarta (1952-1954), Idris Sardi pernah berguru pada George Setet dari Hungaria dan seorang pimpinan Sekolah Musik yang juga mantan pemain cello pada Orkes Philharmonic Tsar (Rusia) bernama Nikolai Varfolomeyev. Nikolai adalah orang yang dari awal jatuh cinta pada Idris Sardi yang saat itu masih berumur sepuluh tahun, sehingga menerimanya sebagai salah satu murid luar biasa di sekolahnya.

Bukan cuma saat di Yogyakarta, Idris Sardi juga berguru pada Henri Tordasi di Jakarta (setelah 1954). Henri Tordasi merupakan pemain biola unggul dari Hungaria yang telah mendidik banyak pemain biola di Indonesia. Keseriusan belajar musik Idris Sardi sejak kecil tersebut akhirnya juga telah mampu melahirkan seorang murid hebat yang sukses menjadi violis perempuan papan atas Indonesia, yaitu Maylaffayza Wiguna.

Belakangan, pada tahun 2013 sebelum menggelar "Konser Tunggal Maestro Biola Idris Sardi" di Theater Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 16 Desember, Idris Sardi disibukkan dengan penyusunan aransemen baru lagu-lagu musisi populer Malaysia berdarah Aceh era dekade 60 dan 70-an, Tan Sri P. Ramlee, yang dimintakan Pemerintah Malaysia untuk dipertunjukkan sebagai semangat identitas kebangsaan negara itu dalam karya seni musik pada acara perayaan hari kemerdekaan yang ke-56.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Maestro Musik berjuluk “Biola Maut” Meninggal Dunia
Maestro Musik berjuluk “Biola Maut” Meninggal Dunia
http://2.bp.blogspot.com/-UwljeiV5Csg/U2jpuSgzZ2I/AAAAAAAAAWI/uwCqVLtNPOQ/s1600/Idris+Sardi2.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-UwljeiV5Csg/U2jpuSgzZ2I/AAAAAAAAAWI/uwCqVLtNPOQ/s72-c/Idris+Sardi2.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/04/maestro-musik-berjuluk-biola-maut.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/04/maestro-musik-berjuluk-biola-maut.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago