Archive Pages Design$type=blogging

News

Sanggar Tari Bungong Jeumpa (Bandung)

Sanggar Bungong Jeumpa secara resmi didirikan pada tahun 2002 dibawah naungan Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (KAMABA) dan merupakan s...

Sanggar Bungong Jeumpa secara resmi didirikan pada tahun 2002 dibawah naungan Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (KAMABA) dan merupakan salah satu unit Bidang Kesenian dan Kebudayaan KAMABA. Saat ini, Sanggar Bungong Jeumpa diasuh oleh Ketua Departemen Seni & Budaya KAMABA (Ibu Djusmanidar).
Awalnya, sanggar ini berdiri dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat Aceh yang tinggal di Bandung akan tarian-tarian Aceh untuk ditampilkan di acara-acara resepsi pernikahan, juga adanya permintaan pada event-event pagelaran seni dan budaya. Akhirnya, dengan partisipasi 13 orang, Sanggar Bungong Jeumpa mengawali debutnya pada 2003 di SECAPA pada acara resepsi pernikahan dengan membawakan tarian Ranup Lampuan dan Likok Pulo. Hingga sekarang, kegiatan sanggar masih aktif dan cukup berkembang.

Para anggota Sanggar Bungong Jeumpa juga telah memberikan pelatihan tarian Aceh kepada banyak instansi dan sanggar lain serta kepada masyarakat umum yang ingin mempelajari seni dan budaya Aceh.
Acara yang pernah diisi oleh Sanggar Bungong Jeumpa adalah sebagai berikut:

- Acara-acara resepsi pernikahan.
- Acara amal solidaritas Aceh-Papua.
- Acara seminar dan kampus.
- Membuat event pagelaran MALAM BUDAYA ACEH (12 Desember 2004) dan GELAR BUDAYA ----- ACEH DAN SUNDA (28 Januari 2006) dalam rangka memperingati satu tahun tsunami. Pada acara tersebut, Rafli dan Kande turut mengisi acara.
- Tampil PMTOH dan Rapai di Yogyakarta pada acara pelantikan TPA Yogyakarta dan Peresmian Asrama Aceh Besar.
- Gelar Budaya Aceh IV ITB tanggal 5 Mei 2007.
- Pada Tanggal 18-22 Juni 2007, Sanggar Bungong Jeumpa dan UIKA IT TELKOM juga melakukan - pagelaran pada acara “Art and Culture Festival” di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan mendapatkan penghargaan kerjasama budaya tersebut.
- Tampil di acara kenegaraan ASIAN PARLIAMENTARY ASSEMBLY pada tanggal 8 Desember 2009 di Hyatt Regency di hadapan bapak wakil presiden (Boediono), perwakilan dari negara asing, serta pejabat-pejabat negara lainnya.
- Membuat event pagelaran MALAM BUDAYA ACEH SUNDA (26 Desember 2009) juga dalam rangka memperingati bencana tsunami.
- Pada tanggal 2 Juni 2010 mengisi acara promosi kebudayaan daerah “Travel Mart” di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
- Tampil di acara Piasan Nanggroe “Saweu Gampong” 2011 di IT Telkom
Sanggar ini tidak hanya beranggotakan masyarakat asal Aceh saja, namun juga siapa saja yang ingin mempelajari seni budaya Aceh lebih dalam, terutama bidang seni tari.

Alamat/Lokasi :
Asrama Mahasiswa Aceh Bandung - Wisma Teuku Umar
jalan Cicendo no 9. Bandung, Jawa Barat

Sumber : http://sanggarbungongjeumpa.wordpress.com/about/

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Sanggar Tari Bungong Jeumpa (Bandung)
Sanggar Tari Bungong Jeumpa (Bandung)
http://4.bp.blogspot.com/-aAel4vkuSt0/U2jrZ1wiaFI/AAAAAAAAAWo/KAZ94zrcbuk/s1600/sanggarbungongjempabandung.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-aAel4vkuSt0/U2jrZ1wiaFI/AAAAAAAAAWo/KAZ94zrcbuk/s72-c/sanggarbungongjempabandung.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/04/sanggar-bungong-jeumpa-bandung.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/04/sanggar-bungong-jeumpa-bandung.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago