Archive Pages Design$type=blogging

News

Membongkar Estetika Pada Batee Jrat

Makam Ratu Nahrasyiah di Pasai Oleh Tu-ngang Iskandar Penemuan makam beserta batee jrat (batu nisan) yang indah-indah peninggalan ...

Makam Ratu Nahrasyiah di Pasai
Oleh Tu-ngang Iskandar

Penemuan makam beserta batee jrat (batu nisan) yang indah-indah peninggalan era kerajaan di Aceh memanglah bukan sebuah hal yang menghebohkan, karena yang begitu mengguncang adalah ketika mayat-mayat selama konflik bersenjata dan tsunami masih belum dapat kita temukan hingga saat ini. Namun yang perlu kita garis bawahi bahwa penemuan batee jrat merupakan jalan bagi penemuan pintu gerbang kehidupan yang sebenarnya, yang tidak mengakui barbarisme sebagai jalan hidup. Karena dalam batee jrat, pemurnian hidup adalah ikhwal yang ingin disampaikan untuk menuju sang pencipta.

Kuburan sebagai sebuah artefak menyimpan petanda-petanda tentang kenyataan-kenyataan yang ingin kita ketahui dari masa lampau, untuk hidup kita di masa kini yang lebih baik. Batee jrat peninggalan zaman kerajaan yang banyak bertebaran di seluruh penjuru Aceh dengan ukuran dan bentuknya yang beragam merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya. Kematian yang sering kita anggap sebagai titik akhir pengabdian manusia kepada Tuhan dan sesamanya benar-benar ingin ditepis melalui batee jrat yang banyak menyimpan pesan-pesan keillahian untuk manusia yang masih hidup. Di sana, kehidupan melalui batee jrat adalah ketika manusia tidak berhenti untuk menyampaikan kebajikan melalui jalan-jalan keindahan.

Estetika yang terdapat pada batee jrat selain berfungsi untuk mengobati keterasingan dan rasa putus asa manusia yang diakibatkan adanya estesisasi politik yang menghancurkan, juga berguna untuk membangun rasa optimisme kembali dalam rangka mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan indah di masa mendatang. 

Kaligrafi Arab, ornamen-ornamen indah dari unsur pilihan, dan batu-batu kokoh mulia, semuanya menyatu dalam formasi yang utuh untuk menyampaikan pesan-pesan tentang identitas islam, tentang keseimbangan, keharmonisan hidup, dan keimanan yang harus dijaga semasa hidup oleh manusia, agar keindahan senantiasa mengalir baik semasa hidup dan setelah nyawa dicabut.

keindahan sebagai pancaran estetis dari batee jrat sekiranya dapat dipahami melalui dua lapis, itupun jika kita ingin mengakui pemikiran murid Sokrates bernama Plato, yaitu tentang keindahan sebagai keteraturan dan keindahan sebagai kesederhanaan. Menurutnya, semua yang terdapat pada karya seni pada akhirnya mengarah kepada konsep bahwa keindahan sejati bukan terletak pada apa yang kita lihat, melainkan apa yang kita pahami dari apa yang kita lihat, yang dalam hal ini adalah tentang pengakuan terhadap ide-ide keislaman.  

Melalui batee jrat kita seperti ingin disadarkan kembali untuk selalu fokus pada tujuan, yaitu mempersiapkan kematian secara baik untuk kehidupan mulia selanjutnya. Batee jrat yang walaupun tidak kita percayai sebagai benda yang fetisisme (keramat), setidaknya telah memberi pengertian pada kita tentang kehidupan yang tidak cuma berfokus pada fisik material semata, karena kita akan berhadapan dengan kematian yang akan menuntut kita untuk mempertanggungjawabkan kepercayaan secara mutlak kepadaNYA yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang selama di dunia.

Estetika dalam batee jrat juga bisa kita lihat sebagai penanda tingkat pencapaian manusia di masa itu. Estetika yang setingkat lebih tinggi dari pembahasan baik dan buruk sebuah perilaku (etika) memanglah satu kenyataan di masa lampau yang belum kita capai saat ini, di mana kehidupan dan seni adalah dua hal sejalan yang masih sulit diakui.

Batee jrat sebagai penanda estetis bagi yang meninggal seperti yang pernah diproduksi pada zaman kejayaan Islam di Aceh belum bisa di lestarikan ulang hingga saat ini. Kenyataan bahwa batee jrat yang terdapat pada makam saat ini tidak lebih hanya berupa batu alam biasa tanpa polesan seni, yang akhirnya hanya bisa meneror kita dengan ketakutan ketika mengunjunginya, bukan memberikan pencerahan yang bisa membuat kita lebih baik. 

Mengenai apa yang dipancarkan sebuah batee jrat yang melampaui struktur fisik untuk menuju masa lampau adalah suatu hal yang ingin kita ketahui saat ini. Penggalian situs-situs pun menjadi sangat marak dan melibatkan orang-orang dari berbagai lini. Kejujuran sebagai salah satu bekal penelitian sangatlah dibutuhkan dalam hal ini, karena tidak cukup pula menerangkan sebuah batee jrat yang mencerahkan apabila pencarian hanya ditujukan untuk menemukan perspektif yang benar dengan pembahasan-pembahasan yang mengarah kepada positivisme semata.

Semoga dengan banyaknya penggalian situs-situs bersejarah tersebut tidak mengurangi rasa hormat kita kepada yang telah lebih dulu meninggal. Karena sebagai pencari pesan lewat batee jrat yang baik, kita harus lebih dulu memahami makna dasar dalam pembuatan batee jrat tersebut, yaitu mengenai rasa hormat manusia yang masih hidup kepada yang telah meninggal.*

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Membongkar Estetika Pada Batee Jrat
Membongkar Estetika Pada Batee Jrat
http://3.bp.blogspot.com/-fmvMF0m-trM/U8-GKldmjGI/AAAAAAAAAns/P3ANPTDwJTE/s1600/Makam+Ratu+Nahrasyiah.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-fmvMF0m-trM/U8-GKldmjGI/AAAAAAAAAns/P3ANPTDwJTE/s72-c/Makam+Ratu+Nahrasyiah.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/05/membongkar-estetika-pada-batee-jrat.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/05/membongkar-estetika-pada-batee-jrat.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago