Archive Pages Design$type=blogging

News

Paris, Kota Wisata Seni

Fadhel Adam dan warga Paris Oleh FADHEL ADAM SEBAGAI putra Aceh yang tamat di SMU Yapena Arun Lhokseumawe, alhamdulillah, saya dite...

Fadhel Adam dan warga Paris
Oleh FADHEL ADAM

SEBAGAI putra Aceh yang tamat di SMU Yapena Arun Lhokseumawe, alhamdulillah, saya diterima kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) tahun 2011.

Kemudian, di pengujung pendidikan semester terakhir di ITB, saya ditawari ketua jurusan melanjutkan studi banding ke Prancis, agar dapat mendalami ilmu desain grafis. 

Setelah lulus seleksi dan belajar bahasa Prancis, pada 23 Januari 2014 dari Bandara Cengkareng, Jakarta, tengah malam dengan pesawat Malaysia Airline saya terbang ke Paris. Tujuan selanjutnya adalah Kampus École d’Art Maryse Eloy, tampat lanjutan studi saya. 

Untuk tiba di kampus ini dari tempat kos saya di rumah Buk Annabelle--keluarga Prancis turunan Spano--saya butuh waktu satu jam menggunakan KRL yang di Prancis disebut Metro. Hal ini menguras biaya transportasi yang cukup besar setiap harinya, sehingga saya harus memperketat pengeluaran rutin di Paris. 

Prancis merupakan salah satu kota wisata termahal di Eropa. Paris dikenal dunia sebagai kota yang ekletik, karena masyarakatnya sangat menyanjung improvisasi karya dan nilai seni dalam kehidupan. 

Budaya dan produk seni menjadi salah satu kekayaan sosial-budaya  (capital social) yang dilindungi pemerintah. Seni rancang bangun dan kreasi masyarakat dijadikan sumber daya ekonomi melalui industri wisata yang berkembang sangat baik di Prancis. 

Bayangkan, menurut World Tourist Organization, sekitar 76,8 juta wisatawan mancanegara datang setiap tahunnya ke Prancis. Dari industri wisata Prancis bisa maraup 10 miliar Euro sebagai APBN hanya dengan menjual keindahan kota dan museum yang ditata apik.   

Lingkungan baru
Ketika saya baru datang ke Kampus Ecole d’Art Maryse Eloy, saya jalin komunikasi via e-mail dengan Madame Angeline Droin dan Elodie Aoendetto. Mereka menyambut hangat kedatangan saya dari Indonesia. Studi di Prancis ternyata tak seperti yang saya bayangkan. Para mahasiswa umumnya sangat aktif dan serius mengerjakan tugas-tugas akademik dan mencari referensi sendiri di perpustakaan.

Setiap mahasiswa harus menulis karya dalam bentuk esai atau artikel ilmiah, sehingga mereka aktif di ruang perpustakaan menyusun tugas-tugas akademis yang selalu dalam bentuk tulisan.

Bayangkan, kuliah hari ini dan dua hari selanjutya para mahasiswa telah diminta untuk mengirim tugas-tugas dalam bentuk tulisan, baik berupa artikel atau esai singkat yanag dikirim ke e-mail dosen.  

Persaingan antarsesama mahasiswa tak terlalu tampak, karena para mahasiswa umumnya saling membantu melalui forum diskusi kelompok. Salah satu mata kuliah yang unik saya ikuti untuk memperkaya khazanah wawasan seni adalah usaha yang menjelaskan peristiwa-peristiwa baik yang sedang terjadi maupun yang sudah lampau. 

Kota-kota besar di Prancis selalu terdapat banyak galeri dan museum. Berkunjung ke tempat ini biasanya membangkitkan kembali memori (memory recall) kita saat melihat pajangan karya-karya seniman dunia, baik yang asli maupun hasil replikasi di gedung itu. 

Proses penciptaan karya seni merupakan poin penting dari mata kuliah yang diasuh oleh Monsieur Tristan Rain. Menariknya, kuliah tersebut selalu dilaksanakan di luar gedung kuliah. Pada bulan pertama kami sudah mengunjungi empat museum dan space gallery of art di Paris. 

Kunjungan pertama kami ke Museum of Hunting and Nature untuk mengenal sejarah kehidupan manusia, berburu, dan seni objek oriented. Di sini kami melihat bagaimana kehidupan awal manusia yang bersifat nomaden di gua-gua, lalu menghasilkan imaji dan seni.

Kedua adalah Kadis Art Foundation yang memamerkan beberapa karya seni, yakni kombinasi dari dokumenter pemerintahan Rusia yang digabung dengan cerita fiksional. Terkesan fantasi memang, namun tetap bersifat sainstifik. Di sini tergambar, setiap jalan kehidupan selalu memberi nuansa tersendiri menurut sejarah dan zamannya. 

Kunjungan ketiga ke Astralis, sebuah pameran temporal mengenai dunia astronomi dan filsafat antara manusia dan galaksi, dilaksanakan di Espace Culturel de la Fondation Louis Vuitton. Di sini kita dapat membayangkan bagaimana dunia di mana kita hidup berinteraksi dengan jagat kosmos yang saling memengaruhi. 

Kunjungan keempat ke Pameran “Des Hommes, Des Mondes”, memamerkan karya-karya seni kontemporer dari berbagai seniman dunia. Dilaksanakan di Collège Des Bernadins. Di sini mahasiswa melihat bagaimana karya seni kontemporer yang memberi nuansa kehidupan masyarakat modern dewasa ini.

Mata kuliah ini sangat menambah wawasan saya, karena banyak menjelajahi karya-karya seni yang berhubungan erat dengan kondisi sejarah saat itu dan masa depan. 

Perkuliahan model ini selain menarik, juga gratis karena biaya masuk museum ditanggung oleh kampus yang nantinya dibebankan ke pemerintah untuk tujuan penelitian sekaligus wahana promosi. Begitulah kisahnya.

Fadhel Adam adalah putra Aceh, kuliah di Institut teknologi Bandung (ITB). Email: fadhel.adam99@gmail.com.

*Bila Anda punya informasi menarik seputar seni, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas Anda ke email: redaksi@acehmediart.com



Sumber berita: Serambi Indonesia, Sabtu 24 Mei 2014. dengan judul "Paris, Kota Kaya Nilai Seni"



COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Paris, Kota Wisata Seni
Paris, Kota Wisata Seni
http://1.bp.blogspot.com/-EjrJoopVND8/U4RIzE0gB7I/AAAAAAAAAaQ/EBZuD8FOYCA/s1600/fadhel+adam.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-EjrJoopVND8/U4RIzE0gB7I/AAAAAAAAAaQ/EBZuD8FOYCA/s72-c/fadhel+adam.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/05/paris-kota-wisata-seni.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/05/paris-kota-wisata-seni.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago