Archive Pages Design$type=blogging

News

Melepas Belenggu, Tujuh Seniman Drawing Gelar Pameran dan Creative Sharing forum

Kurator bersama seniman dalam acara pembukaan pameran "[Tak] Belenggu". Doc: Caffeetalk Art Space [ Yogyakarta ] Sebuah pam...

Kurator bersama seniman dalam acara pembukaan pameran "[Tak] Belenggu". Doc: Caffeetalk Art Space

[Yogyakarta] Sebuah pameran seni rupa yang digagas seniman-seniman drawing angkatan pertama dari kelompok Diskom Drawing Foundation (DDF) sedang berlangsung (32-29 Juni 2014) di Coffeetalk Art Space Yogyakarta.

Adapun karya yang dipamerkan adalah sebanyak 35 karya, dari seniman-seniman pengisi pameran kali ini: Sony Prasetyotomo, Hasby Mubarock, Arya Wirawan, Tu-ngang Iskandar, Kahfi Eska Yusac, Dhavid Ogama Mahindra, dan Agung Muliana. Ketujuh seniman yang berlatar pendidikan yang sama yaitu di fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain berupa pameran seni rupa, dalam Exhibition Event ini juga akan diadakan Creative Sharing Forum, yang akan menghadirkan Bunda Kata sebagai penerbit indie untuk mengupas peran sastra dalam proses penciptaan karya seni rupa. Acara Creative Sharing Forum tersebut akan diadakan pada tanggal 27 Juni 2014, pukul 19.00 WIB, bertempat di Coffeetalk Art Space (mancasan kidul n0.189 e, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta).

Untuk pameran seni rupa sendiri, "[Tak] Belenggu" merupakan tema yang diusung, dengan konsep bahwa belenggu merupakan suatu hal yang kerap melahirkan pemberontakan dan kreatifitas. "tak belenggu sebagai sebuah pemantik bagi hadirnya pemikiran tentang kebebasan, yang kali ini ingin kita hadirkan kembali lewat karya-karya dari seniman dengan berbagai latar belakang yang mempengaruhinya" ungkap Arya Wirawan selaku ketua panitia penyelenggaraan pameran yang ditemui acehmediart.com di sela persiapan pameran. 

Sementara Andre Tanama yang menjadi salah satu dari dua kurator dalam kata sambutannya mengatakan bahwa "karya dalam pameran ini seperti pemikiran belenggu yang cair diantara idealisme yang tidak mau bertemu dengan realitas, yang pada akhirnya menemukan solusinya, yaitu win-win solution". 

Andre Tanama yang merupakan seorang seniman kenamaan ini juga mengungkapkan tentang begitu besar pengaruh belenggu untuk pola pikir kejiwaan manusia, hingga seorang sekaliber Armin Pane bisa terilhami untuk menulis novel berjudul Belenggu

Seperti yang diketahui bahwa dalam menulis novel Belenggu, Armin Pane sangat dipengaruhi oleh teori psikoanalisis milik Sigmund Freud. Novel yang menceritakan tentang cinta segitiga ini pertama kali diterbitkan oleh majalah sastra Poedjangga Baru dalam tiga bagian dari April hingga Juni 1940. Belenggu merupakan satu-satunya novel yang diterbitkan majalah tersebut dan novel psikologis Indonesia pertama.

Pembukaan Pameran "[Tak] Belenggu" yang dihadiri oleh masyarakat, seniman, mahasiswa, desainer, dan juga pengunjung Caffetalk pada Senin malam (23 Juni) juga ikut menghadirkan sosok Peter Lennon sebagai pengisi acara pembukaan. Legenda jalanan Yogyakarta yang memiliki nama asli Peter Budiarto tersebut dengan hikmatnya memainkan lagu-lagu the Beatles menggunakan harmonika kesayangannya hingga satu persatu pengunjung meninggalkan tempat pameran setelah menikmati karya-karya yang disuguhi.

Suasana saat pembukaan. Doc: Arya Wirawan 


COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Melepas Belenggu, Tujuh Seniman Drawing Gelar Pameran dan Creative Sharing forum
Melepas Belenggu, Tujuh Seniman Drawing Gelar Pameran dan Creative Sharing forum
https://images-blogger-opensocial.googleusercontent.com/gadgets/proxy?url=http%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F-x3VBVBfG_gM%2FU6rC2JTqPRI%2FAAAAAAAAAic%2F887ISOcvl2c%2Fs1600%2F10479982_10204204501142408_1190910427_n.jpg&container=blogger&gadget=a&rewriteMime=image%2F*
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/06/melepas-belenggu-tujuh-seniman-drawing.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/06/melepas-belenggu-tujuh-seniman-drawing.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago