Archive Pages Design$type=blogging

News

Peksimida Aceh XII Resmi Dibuka

Bireuen – Dalam kontek budaya, terbukti bahwa mahasiswa tidak hanya peduli serta mendorong masyarakat aktif melestarikan seni dan buda...


Bireuen – Dalam kontek budaya, terbukti bahwa mahasiswa tidak hanya peduli serta mendorong masyarakat aktif melestarikan seni dan budaya daerah, tetapi mahasiswa juga menjadi pemain penting dalam kegiatan pelestarian budaya itu sendiri.

Demikian pesan Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah yang dibacakan oleh Asisten III Pemerintah Aceh, Muzakkar A.Gani pada pembukaan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Aceh XII di Aula MA Jangka, Umuslim, Peusangan, Bireuen, Selasa (17/6/2014).

“Mudah-mudahan kegiatan Peksimida ini mendorong para mahasiswa Aceh meningkatkan kreativitas dan kemampuannya, sehingga kelak kuliah tidak hanya melahirkan pemikir dan tenaga ahli sesuai bidang yang ditekuninya, tetapi juga sebagai cendikiawan yang cinta kepada seni budaya dan tradisi daerah,” sebutnya.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, Pemerintah Aceh menyambut dengan suka cita pelaksanaan kegiatan Peksimida. “Mudah-mudah kegiatan ini mendorong para mahasiswa Aceh meningkatkan kreatifitas dan kemampuannya.”

Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Aceh, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC, dalam sambutannya mengatakan, Peksimida merupakan kegiatan yang berkesinambungan yang diselenggarakan oleh BPSMI Provinsi Aceh.

“Peksimida diselenggarakan dua tahun sekali untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan minat, bakat dan kemampuan mahasiswa dibidang seni,” ungkap Alfiansyah.

Alfiansyah menambahkan, Peksimida juga dimaksudkan sebagai ajang memupuk rasa persaudaraan, kerjasama dan menjalin persaudaraan dan kesatuan antara mahasiswa dari berbagai daerah dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara Prof Dr Salamet Suparno dalam orasi ilmiahnya mengatakan, unsur-unsur budaya itu diantaranya, religius, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan dan  sistem mata pencaharian.

“Untuk mempertahankan kebudayaan maka yang harus dilakukan adalah, merawat, mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan secara optimal,” ungkap mantan Rektor Universitas Seni Indoensia (USI) ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Peksimida Aceh, Ir Saiful Hurri MSi, meminta kepada dewan juri untuk menilai setiap tangkai perlombaan dengan objektif, jujur, dan  adil. “Semoga peserta yang lolos sebagai sang juara benar-benar juara sejati, bukan juara titipan,” pesan Saiful.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan, Peksimida ke XII Provinsi Aceh ini diikuti oleh 18 PTN/PTS se-Aceh dengan total peserta dan official sebanyak 396 orang. [HL]

Dikutip dari: atjehlink.com

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Peksimida Aceh XII Resmi Dibuka
Peksimida Aceh XII Resmi Dibuka
http://1.bp.blogspot.com/-1JWr5kEbLbg/U6A-8eCh0mI/AAAAAAAAAiI/KoklWYw_kf4/s1600/pembukaan-Peksimida.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-1JWr5kEbLbg/U6A-8eCh0mI/AAAAAAAAAiI/KoklWYw_kf4/s72-c/pembukaan-Peksimida.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/06/peksimida-aceh-xii-resmi-dibuka.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/06/peksimida-aceh-xii-resmi-dibuka.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago