Archive Pages Design$type=blogging

News

Deviana Daudsjah, Sang Profesor Musik Bergelar Tjut Nyak

Tjut Nyak Deviana Mendengar kata-kata “Tjut Nyak” tentunya akan membawa kita pada kisah-kisah heroik wanita-wanita perkasa Aceh yang hi...

Tjut Nyak Deviana
Mendengar kata-kata “Tjut Nyak” tentunya akan membawa kita pada kisah-kisah heroik wanita-wanita perkasa Aceh yang hidup di masa penjajahan Belanda. Nama-nama seperti Tjut Nyak Dhien dan Tjut Nyak Meutia begitu kental dalam ingatan kita.

Megawati yang datang ke Aceh untuk mengumbar janji mengikuti tradisi ayahnya Sukarno pernah digelari "Tjut Nyak" oleh Gubernur Aceh Abdullah Puteh. Di depan Rakyat Aceh yang mendengar pidatonya, Megawati pun pernah berkata “untuk saudara-saudaraku rakyat Aceh yang sangat saya cintai, jika “Cut Nyak” kelak memimpin negeri ini, tidak akan saya biarkan setetes darah-pun tumpah di Aceh, yang amat besar jasanya untuk republik ini.” Namun belakangan setelah keinginan Tjut Nyak Megawati tersebut terpenuhi, tidak lama ia pun memberlakukan Darurat Militer untuk Aceh. Begitulah sejarah pernah mencatat tentang gelar "Tjut Nyak".

Di belakang itu semua, mengikuti tradisi feodal, sebenarnya gelar “Tjut Nyak” hanya boleh diberikan kepada keturunan para bangsawan (uleebalang). Seperti halnya nama yang melekat pada Deviana Daudsjah, musisi kelahiran Jakarta tanggal 13 Februari, 1958. Nama Tjut Nyak Deviana Daudsjah yang juga keturunan uleebalang Aceh begitu dikenal di jagad musik dunia. Sebelum menjadi fenomenal dengan bakat musiknya yang diakui banyak kalangan, bakat musik Tjut Nyak Deviana Daudsjah sebenarnya sudah terlihat sejak berumur 5 tahun. Berkat sang ibu yang merupakan seorang pemain gitar klasik yang tak mau menyia-nyiakan bakat anaknya, Tjut Nyak Deviana kemudian diikutkan dalam kelas formal di Bangkok, Thailand.

Hingga kemudian, Tjut Nyak Deviana yang telah menyadari bakatnya dalam bidang music begitu bergelora, saat menginjak umurnya 18 tahun, Tjut Nyak Deviana Daudsjah pun kemudian memutuskan untuk pergi ke Jerman mendalami ilmu piano klasik beserta komposisinya di Musikochshule Freiburg.

Usaha yang gigih dari perempuan berdarah Aceh ini pun tidak sia-sia. Seperti halnya perempuan perkasa Aceh tempo dulu yang pantang menyerah, ia kemudian berhasil menjadi Direktur untuk Jazz & Rockschule Freiburg Germany. Kurikulim yang diciptakannya pun diakui oleh pemerintah setempat. Tidak cuma mendapat pengakuan akademik dari Jerman, Tjut Nyak Deviana Daudsjah juga mendapat apresiasi dari Swiss Association of Music Educators. Di sana, ia menjadi profesor untuk ensembel, piano, vokal, improvisasi, choir dan latihan pendengaran di Music Academy Basel Jazz Departement, Swiss.

Tidak berhenti disitu, Tjut Nyak Deviana Daudsjah sempat berpetualang selama 34 tahun terakhir di Thailand dan Amerika. Walaupun sebelumnya ia tinggal dan bekerja di Eropa selama 26 tahun. Di Pentas dunia, berbagai festival kenamaan pun pernah dicicipinya, sebut saja Grand Lancy Jazz Festival di Genewa, Altreu International Jazz Festival Swiss, Stuttgart Jazz Open Germany, Lugano Jazz Festival Swiss, serta penampilan memukaunya di National Theater Basel Swiss, di mana ia dianugerahi sebagai Artis Luar Biasa.

Di Jerman sendiri, di mana ia pernah mendalami bakat musiknya, ia pernah 5 kali menjadi pemenang pertama kompetisi SoulJazz Band di tahun 1978. Ia juga pernah 2 kali menjadi juara pada kontes Swiss National and National Swiss TV of Eurovision Sing di Swiss pada 1982 dan 1983, yang membuatnya kemudian ditawari album rekaman produksi BMG Ariola Swiss dan Polygram Germany. Namun dengan lasan yang bijak, Tjut Nyak Deviana menolaknya, dengan alasan lebih memilih mengejar karirnya secara independen dan berkonsentrasi di dunia pendidikan musik. Pada tahun 1997, ia kemudian juga menerima penghargaan sebagai Pianis Jazz Terbaik di Zuerich-Oerlikon Swiss.

Baru pada tahun 2000, Setelah petualangannya bertahun-tahun di luar negeri, Deviana kemudian memutuskan kembali ke Indonesia untuk berbagi ilmunya musiknya. Bekerja sama dengan Nick Mamahit, seorang pianis legendaris Indonesia, ia kemudian membangun Yayasan Daya Bina Budaya dan Institut Musik Daya Indonesia. Akademi musik independen dengan standarisasi kurikulum internasional pertama di Indonesia.

Di Indonesia, jasanya-jasanya yang menonjol telah mendorong Menteri Peranan Wanita pada tahun 2005 mengakui dan memberikannya penghargaan Citra Kartini. Tjut Nyak Deviana juga terpilih menjadi anggota Departemen Pendidikan Konsortium Musik RI pada tahun 2007, yang salah satu tugas lembaga ini adalah memberi standart National Arts Curriculum dan National Association of Arts Pedagogue & Practitioners untuk penyetaraan kualitas Pendidikan Seni di Indonesia.

Usaha memberikan yang terbaik pada Indonesia tidak berhenti, Tjut Nyak Deviana bersama para koleganya kemudian juga membangun pendidikan music Indonesia untuk melahirkan para sarjana music profesional. Tjut Nyak Deviana beserta dengan para koleganya pun sukses melahirkan 8 sarjana musik hebat, baik yang bergelar master maupun Bachelor. Mereka adalah Komposes/arranger/konduktor yang telah menghasilkan berbagai karya fenomenal untuk Indonesia. Sebut saja Laskar Pelangi, Photograph, dan Garuda di Dadaku. Beberapa diantaranya juga menjadi musik illustrator di film-film Box Office Indonesia.

Selain aktif mengajar, Tjut Nyak Deviana juga aktif menulis komposisi music orchestra serta modern R&B. Berbagai acara besar musik di Indonesia pun tidak lepas dari penampilannya baru-baru ini, seperti penampilannya pada Java Jazz Festival dan beberapa acara music ternama lainnya.*

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Deviana Daudsjah, Sang Profesor Musik Bergelar Tjut Nyak
Deviana Daudsjah, Sang Profesor Musik Bergelar Tjut Nyak
http://4.bp.blogspot.com/-d_2c3VmcDk8/U-Si_64dd2I/AAAAAAAAApY/JkIuw70z2Ag/s1600/prof-tjut-nyak-deviana.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-d_2c3VmcDk8/U-Si_64dd2I/AAAAAAAAApY/JkIuw70z2Ag/s72-c/prof-tjut-nyak-deviana.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/08/deviana-daudsjah-sang-profesor-musik.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/08/deviana-daudsjah-sang-profesor-musik.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago