Archive Pages Design$type=blogging

News

Sayed Dahlan, Lewat Lukisan Menghiasi Sejarah Aceh

Cover Katalog Pameran Oleh Idrus bin Harun   Buku kecil di atas adalah katalog berupa kumpulan lukisan Sayed Dahlan Al-Habsy...

Cover Katalog Pameran

Oleh Idrus bin Harun
 
Buku kecil di atas adalah katalog berupa kumpulan lukisan Sayed Dahlan Al-Habsyi atau Sayed ART. Terdapat 20 lukisan di dalamnya yang kesemuanya mengetengahkan tokoh sejarah Aceh suatu masa, ketika Aceh masih tegak sebagai sebuah Negara/kerajaan. Ia menghimpun semua pemuka kerajaan yang tersebar di Aceh, dari kerajaan Linge, Pasee, Tamiang hingga Aceh Darussalam, sebagai representasi Aceh sekarang. 

Sayed Dahlan adalah putra kelahiran Panton Labu, 15 Juni 1944 yang amat tertarik dengan sejarah. Terutama sejarah kegemilangan Aceh di masa lalu. Dalam pameran bertajuk "Atjeh Sepanjang Sejarah" yang digelar 12-17 April 2008 di Taman Ratu Safiatuddin ini, Sayed menghadirkan sederet informasi sejarah yang ia visualkan secara khayali dengan tetap berdiri atas data-data sejarah. Data-data itu berupa angka-angka tanggal, tahun dan tempat sebuah teks sejarah berlansung dan menggeliat pada suatu masa. Di tangan Sayed Dahlan, data-data ini tidak sestatis sejarahwan perlakukan. Ia (data sejarah) menemukan makna tersendiri ketika kanvas memerangkapkannya secara artistik. 

Aceh dalam kegemilangan silam dengan tokoh-tokohnya mendapat tempat layak saat penginderaan berlansung. Perupa ini sadar bahwa harus ada yang berhasil di kembalikan dari masa lalu dalam wujud nyata untuk kekinian Aceh. Terutama saat krisis tokoh mulai menjangkiti Aceh di pengujung abad 20 dan masih berlansung hingga hari ini. 

Mewujudkan rupa khayali tokoh kerajaan masa lalu bukan tanpa resiko. Bisa saja Sayed dituduh mengada-ada dan bahkan, besar kemungkinan ia  digolongkan sebagai seseorang yang senantiasa 'berpaling ke belakang' hingga tak siap untuk maju ke depan. Namun, resiko itu jebol dengan sendirinya ketika, menurut saya, Sayed menciptakan nostalgik tersendiri pada apresian. Ruang nostalgia ini tidak tercipta tanpa wawasan sejarah memadai siapresian. Karena masa silam dalam ruang khayali Sayed bukan benda mati yang nirnilai. 

Tokoh-tokoh yang aslinya tidak kita ketahui wujudnya itu, mengalirkan narasi masing-masing tentang tangguhnya sebuah bangsa pada satu periode. Kegemilangan Aceh pada titik ini tidak lahir dari tokoh (dalam hal ini raja) yang karakteristiknya rapuh. Sayed mendetilkan ini lewat sapuan lembut nan tegas. Iskandar Muda, Sultanah Safiatuddin adalah dua lukisan yang mewakili kesemua karya di pameran ini. 

Terlepas sisi negatif tokoh-tokoh yang dihadirkan Sayed adalah fakta sejarah yang tak dapat ditolak, saya kira itu lazim bagi seorang penguasa dengan sejumlah tindak-tanduk politisnya. Yang pasti, sejarah dalam perlakuan senirupa lebih nikmat selangkah daripada mendengar uraian panjang akademisi yang ujung-ujungnya tidak berani mengambil kesimpulan. Karena sejarah bukan perkara tuntas.

Penulis adalah Jamaah Komunitas Kanot Bu. Banda Aceh.


COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Sayed Dahlan, Lewat Lukisan Menghiasi Sejarah Aceh
Sayed Dahlan, Lewat Lukisan Menghiasi Sejarah Aceh
http://1.bp.blogspot.com/-vU5hlal_3yI/VEEIs0RQS-I/AAAAAAAAA04/geQ37cA4RwE/s1600/10580352_10202593765633410_1468342625_n.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-vU5hlal_3yI/VEEIs0RQS-I/AAAAAAAAA04/geQ37cA4RwE/s72-c/10580352_10202593765633410_1468342625_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/09/sayed-dahlan-menghiasi-sejarah-aceh.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/09/sayed-dahlan-menghiasi-sejarah-aceh.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago