Archive Pages Design$type=blogging

News

Peringati Tahun Baru Islam, SePAt Yogyakarta Gelar Malam Kuwah Tuhee

pembacaan puisi pada panggung seni "Malam Kuwah Tuhee" Yogyakarta_ Berkumpul untuk merayakan atau membahas sesuatu hal pen...

pembacaan puisi pada panggung seni "Malam Kuwah Tuhee"

Yogyakarta_ Berkumpul untuk merayakan atau membahas sesuatu hal penting bagi masyarakat Aceh acapkali dilakukan sambil makan-makan. Makanan khas kesukaan masyarakat Aceh boleh dikata telah menjadi salah satu magnet yang mampu mengundang dan mempersatukan orang Aceh di manapun ia berada. Kuwah Tuhee contohnya. Makanan favorit yang biasa dihidangkan pada acara mufakat dan hari-hari besar Islam ini telah menjadi tanda untuk menggambarkan rasa kebersamaan dalam masyarakat Aceh. Tidak terkecuali yang sedang berada di luar Aceh.

Memperingati Tahun baru Islam (1 Muharram 1436 Hijriah), Seniman Perantauan Atjeh (SePAt) menggelar acara yang bertajuk "Malam Kuwah Tuhee" di Yogyakarta. Malam yang diadakan dadakan tersebut diisi dengan pemutaran film dokumenter dari divisi sinematografi dan fotografi, jumpa pers pengurus SePAt, lepas-sambut kepemimpinan SePAt, penampilan seni, doa bersama menyambut tahun baru islam dan makan kuwah tuhee.

Sebagai malam yang juga digunakan untuk peralihan kekuasaan, kepemimpinan SePAt yang sebelumnya dipegang oleh Taufik Akbar S.IP sebagai Sekretaris Jenderal SePAt dengan resmi diserahkan kembali kepada Dewan Presidium SePAt yang terdiri dari M. Chandra Rizqi S.HI, Iskandar S.Sn, dan M. Rizki Fajri S.T. Kepemimpinan ini dipegang sementara untuk mengisi kekosongan sebelum Sekretaris Jenderal SePAt baru dipilih melalui mekanisme organisasi SePAt, "untuk sementara waktu kepemimpinan SePAt kami ambil alih, segala hal yang berhubungan dengan gerak organisasi SePAt ke depan adalah tanggung jawab kami" ungkap M. Chandra Rizqi S.HI mewakili Dewan Presidium dalam jumpa Pers yang digelar saat acara "Malam Kuwah Tuhee" berlangsung.

Sementara itu Taufik Akbar S.IP yang berpamitan kepada seluruh pengurus SePAt dalam kata sambutannya mengatakan "malam ini adalah malam di mana saya berpamitan untuk melakukan sebuah perjalanan baru saya, ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus dan orang-orang yang selama ini telah membantu SePAt dalam memajukan kesenian Aceh. Saya juga meminta maaf apabila di masa kepemimpinan saya ada hal-hal yang jauh dari nilai-nilai dalam seni Aceh. Maju terus SePAt, maju Terus Kesenian Aceh. Mari kita berikan apresiasi kepada mereka para pahlawan kesenian dengan applause" ucap Taufik yang diiringi tepuk tangan riuh penonton yang hadir.

Acara yang berlangsung di Aula Bale Gadeng jalan Kartini No.1a pada Sabtu malam (25 Oktober, 2014) tersebut disetting tanpa moderator dan berlangsung meriah melalui panggung seni. Puluhan tamu yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat Aceh yang berada di Yogyakarta menampilkan berbagai kebolehannya dengan sukarela, dan tanpa diperkirakan sebelumnya berbagai macam seni pun tampil menyemarakkan acara. Diantaranya ada yang membacakan puisi, ca e, menyanyikan lagu Aceh, menampilkan monolog, memainkan musik tradisi, membacakan ayat suci al-Quran yang diiringi dengan pembacaan termahannya, hingga ceramah agama.

Berikut adalah foto-foto acara "Malam Kuwah Tuhee". (Foto: D.Gam)




















COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Peringati Tahun Baru Islam, SePAt Yogyakarta Gelar Malam Kuwah Tuhee
Peringati Tahun Baru Islam, SePAt Yogyakarta Gelar Malam Kuwah Tuhee
http://3.bp.blogspot.com/-eX7vAx5-RLE/VEyn5N47TMI/AAAAAAAAA14/RULWw_6N6zU/s1600/20141025_2250593.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-eX7vAx5-RLE/VEyn5N47TMI/AAAAAAAAA14/RULWw_6N6zU/s72-c/20141025_2250593.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/10/peringati-tahun-baru-islam-sepat.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/10/peringati-tahun-baru-islam-sepat.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago