Archive Pages Design$type=blogging

News

Taman Ratu Safiatuddin Kembali Digelar Pentas Seni Barat Selatan

Penampilan Seudati pada Pentas Selatan Raya, Foto Istimewa Dinas K ebudayaan dan pariwisata propinsi A ceh kembali menggelar P enta...

Penampilan Seudati pada Pentas Selatan Raya, Foto Istimewa

Dinas Kebudayaan dan pariwisata propinsi Aceh kembali menggelar Pentas Selatan Raya (Abdya, Aceh Selatan, Aceh singkil, Subulussalam) sebagai rangkaian dari event tahunan di Taman Ratu Safiatuddin (TARASA) yang sebelumnya juga sudah pernah digelar Pesona Basajan (Banda Aceh, Sabang, Jantho)  pada bulan Agustus  dan di lanjutkan dengan Piasan Pidie Raya pada bulan September lalu.

Untuk performance Pentas Selatan Raya yang diadakan pada Jumat (10/10/2014) pihak Pemerintah Daerah setempat telah menunjuk beberapa tim kesenian yang siap mempertunjukkan kebolehannya dalam bidang seni budaya yang berkarakter sesuai dengan latar belakang kesenian di wilayah Pantai Selatan, diantaranya ada tari Rapai Geleng, Tari Seudati, Tari  Tulak Bala, tari Putroe Along, dan tari Khenduri Laot.

Sementara pada malam berikutnya , Sabtu (11/10/2014) Pentas Barat Raya akan menampilkan kesenian dari kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Simeulue.  Artis legendaris Aceh dari masa ke masa, yaitu Sabirin Lamno juga akan memeriahkan malam tersebut dengan tembang-tembang dalam album-albumnya dari tahun 1990 hingga sekarang. Tidak menutup kemungkinan juga akan ada penampilan band-band alternative etnik Aceh, sebagai mana disampaikan oleh Stage Manager Ayi Sarjev. Pada malam sebelumnya, juga hadir artis Aceh Rahma KDI dan Penyair Aceh Medya hus dan Syeh Min Cakra Donya.

Diharapkan semua paguyuban dari lintas Selatan Raya dan Barat Raya yang berdomisili di Banda Aceh bisa berpartisipasi menyambut tim kesenian dari pesisir barat Aceh serta ikut menyaksikan penampilan-penampilan sebagai wujud kekayaan khasanah kebudayaan Aceh untuk membendung arus kebudayaan luar yang mempengaruhi remaja-remaja Aceh.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Rasyidah, ekspresi seni Aceh ini akan terus digelar di panggung utama area Pekan kebudayaan Aceh dari berbagai lintas multi kultur Aceh mulai dari Wilayah kepulauan, pegunungan, pesisir Barat dan Timur Aceh. Harapannya menurut Rasyidah bahwa panggung Utama TARASA setiap bulannya bisa digelar pertunjukan-pertunjukan atas karya koreografer Aceh dan juga menjadi media dari artis-artis lokal yang sudah memIliki album lagu-lagu Aceh dalam dua tahun belakangan ini. “mudah-mudahan event bulanan ini menjadi wadah bersama untuk para pengkarya atau seniman, dan menjadi paket promosi travel agent untuk para wisatawan asing maupun domestic” Ungkap Rasyidah.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Taman Ratu Safiatuddin Kembali Digelar Pentas Seni Barat Selatan
Taman Ratu Safiatuddin Kembali Digelar Pentas Seni Barat Selatan
http://4.bp.blogspot.com/-twElxPSg8Q4/VDos0eQfU8I/AAAAAAAAA0A/c-F2PptbjN0/s1600/PENTAS%2BSELATAN%2BRAYA.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-twElxPSg8Q4/VDos0eQfU8I/AAAAAAAAA0A/c-F2PptbjN0/s72-c/PENTAS%2BSELATAN%2BRAYA.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/10/taman-ratu-safiatuddin-kembali-digelar.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/10/taman-ratu-safiatuddin-kembali-digelar.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago