Archive Pages Design$type=blogging

News

Berlangsung Sukses Bale Seni 2014, SePAt Akan Garap Event Lebih Besar Di Tahun Mendatang

Yogyakarta _  Acara Bale Seni yang dilangsungkan di Yogyakarta oleh Seniman Perantauan Atjeh (SePAt) berlangsung dengan meriah dan me...


Yogyakarta Acara Bale Seni yang dilangsungkan di Yogyakarta oleh Seniman Perantauan Atjeh (SePAt) berlangsung dengan meriah dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak yang hadir. Acara yang dibuka oleh Drs. Azhar Munthasir, M.Si yang mewakili dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Aceh pada malam pertama pembukaan Bale Seni dan pameran seni rupa tersebut dihadiri ratusan pengunjung yang terdiri dari seniman, mahasiswa, dan masyarakat Aceh yang berada di Yogyakarta dan kota sekitarnya. Turut juga berbagai perwakilan dari komunitas dan organisasi daerah lain yang ada di Yogyakarta.

Berlangsung di gedung Bale Gadeng yang terletak di Jalan Kartini, Sagan Yogyakarta, acara pada malam kedua adalah Seminar Seni Aceh, yang mengangkat berbagai jenis kesenian Aceh, diantaranya yang berbicara mengenai seni tutur Aceh adalah Sulaiman Juned, S.Sn, M.Sn, Dharminta Soeryana, S.Sn, M.Sn mengenai seni teater Aceh, Fadhlan Bachtiar, S.Pd mengenai Seni rupa Aceh, Novelis Putra Gara mengenai dunia penulisan, dan Yoppi Smong bersama Fikar W. Eda menyampaikan materi tentang sastra, musik, kopi, dan tentang giok Aceh. Acara yang berlangsung dari jam 20:00 WIB tersebut baru usai pada jam 24:30 dikarenakan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta seminar setelah sesi penyampaian materi.

Pada malam ketiga, yaitu malam puncak yang menghadirkan penampilan dari Rafli Kande, Musisi Yoppi Andri, penyair Sulaiman Juned, komunitas Teater 42, Sanggar Kesenian Aceh (SAKA) Universitas Gadjah Mada (UGM), penyair Fikar W. Eda, Rangkaian Bunga Kopi, penutur muda Mulia Tet-tet, dan orasi budaya dari Guru besar antropologi UGM, Prof. Dr. Irwan Abdullah, acara dihadiri lebih banyak pengunjung hingga melebihi kapasitas penonton, sehingga banyak penonton yang terpaksa harus menikmati penampilan seni yang ditampilkan lewat layar tancap yang disediakan di halaman gedung.

Pada malam puncak event Bale Seni tersebut, berbagai karya seni dan seniman Aceh berkumpul di dalam sebuah gedung pertunjukan atau tempat di mana pameran berlangsung. Saling mengapresiasi adalah bagian yang sangat penting dalam acara yang berlangsung setahun sekali ini. “Malam puncak pada Bale Seni merupakan malam di mana berbagai kesenian dan seniman yang berada di luar Aceh berkumpul dalam satu ruangan untuk memberikan persembahan atau yang kita sebut dengan qurban art. Di ruang itulah penonton dan seniman saling mengapresiasi” ungkap ketua panitia Bale Seni 2014, Tu-ngang Iskandar.

Prof. Dr. Irwan Abdullah dalam orasinya mengatakan bahwa masa depan Aceh tergantung dari semangat para seniman Aceh untuk mengkonstruksi kembali nilai-nilai baik dan menularkannya pada generasi Aceh. “semangat kebersamaan seperti ini harus terus dibangun dari luar Aceh oleh seniman-seniman muda yang sedang berada di luar Aceh. Sehingga regenerasi terus berlanjut dan tidak lama lagi kita akan mendapatkan diri kita kembali sebagai bangsa yang kaya dan berbudaya” ungkap Antropolog asal Aceh ini.

Sementara penyair Fikar W. Eda yang ikut mengisi panggung pertunjukan bersama komunitas Rangkaian Bunga Kopi menganjurkan bahwa tahun depan waktu acara Bale Seni diadakan lebih panjang lagi. Penyair yang sering menggunakan atribut adat Gayo dalam setiap penampilannya ini juga menganjurkan event Bale Seni bisa kembali menampilkan lebih banyak lagi ragam kesenian Aceh. “Kesenian Aceh sangat luar biasa kayanya” ungkap Fikar. 

Adapun dalam rangkaian acara Bale Seni kali ini juga terdapat film-film dokumenter karya sineas muda Aceh yang diputarkan pada malam pembukaan acara (27/11). Sebanyak 9 Film documenter yang diputar dalam acara ini adalah; Pakaianku Tinggal Kenangan (Karya Maria Ulva dan M. Rizki), Dalae’ (Dalail) (Karya Arziqi Mahlil dan Munzir), Dedesen Karya (Rahmi Ridzqi dan Nova Sanjaya), Pelangi Di Tepian Samudera (Karya Mukhlas Syah Walad dan Fuad Rizqi), Inoeng Silat (Karya Mifta Yuslu Khalbi dan Nadia Susera), Teungku Rangkang (Karya Muhajir dan Muhammad Akbar Rafsanjani), Dilarang Mati di Tanah Ini (Karya Nuzul Fajri), Tajaga Uteun Ta peulindung (Karya Maria Ulva), dan Belantara Leuser (Bukan) Tanah Haram (Karya Indra Wahyudi).

Selain itu, berbagai karya seni rupa pun ikut dipamerkan. Sebanyak 26 karya seni rupa dari 18 pelukis muda Aceh dari berbagai kota ikut ambil peran dalam pameran yang berlangsung sampai tanggal 2 Desember, 2014. Rencananya karya-karya seni rupa yang dipamerkan pada Bale Seni tiap tahunnya ini akan didokumentasikan organisasi SePAt untuk kemudian dipamerkan khusus pada lima tahun sekali.

Senada dengan itu, pelukis senior Aceh Mahdi Abdullah yang hadir ke Bale Seni dan sempat menyaksikan pameran seni rupa juga menganjurkan untuk diadakannya pameran besar khusus seni rupa yang mengikutkan seniman-seniman Aceh dari berbagai kota di Indonesia.

Di tahun mendatang, rencananya SePAt akan mempersiapkan Bale Seni yang lebih besar. "dalam waktu dekat kita akan menyusun panitia baru, khusus untuk menangani event Bale Seni" ungkap Tu-ngang Iskandar mewakili Dewan Presidium SePAt. "Pembentukan panitia secara dini ini tidak lepas dari banyaknya dorongan untuk mempersiapkan acara ini dalam skala besar di masa mendatang" katanya.

Berikut beberapa Foto suasana Bale Seni 2014:
















COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Berlangsung Sukses Bale Seni 2014, SePAt Akan Garap Event Lebih Besar Di Tahun Mendatang
Berlangsung Sukses Bale Seni 2014, SePAt Akan Garap Event Lebih Besar Di Tahun Mendatang
http://3.bp.blogspot.com/-W-FD4nowR5M/VH6oUpFGrLI/AAAAAAAABAA/_9sOYii4VfQ/s1600/IMG_5708.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-W-FD4nowR5M/VH6oUpFGrLI/AAAAAAAABAA/_9sOYii4VfQ/s72-c/IMG_5708.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2014/12/berlangsung-sukses-bale-seni-2014-sepat.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2014/12/berlangsung-sukses-bale-seni-2014-sepat.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago