Archive Pages Design$type=blogging

News

Pelukis Round Kelana Meninggal Dunia

Banda Aceh_Inna lillahi wainna lillahi rajiun. Dunia seni rupa Aceh kembali kehilangan seorang lagi pelukis seniornya. Round Kelana, p...


Banda Aceh_Inna lillahi wainna lillahi rajiun. Dunia seni rupa Aceh kembali kehilangan seorang lagi pelukis seniornya. Round Kelana, pelukis Aceh tiga zaman telah dipanggil ke rahmatullah pada hari ini, Minggu (25/1/2015) jam 11.30 WIB. Rumahnya yang terletak di Lam Dingin, Jalan Syiah Kula, Lorong Bransyah No.2. Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh menjadi tempat perpisahan terakhir dengan saudara dan sahabatnya di dunia.

Round Kelana adalah salah seorang maestro lukis Aceh yang bersahaja, kiprahnya sudah sangat dikenal dalam peta seni rupa Aceh. Pelukis Aceh Mahdi Abdullah dalam pesan singkatnya kepada acehmediart.com ketika ditanya mengenai sosok Round Kelana mengungkapkan “beliau adalah seorang pelukis Aceh yang produktif. Semasa hidupnya, beliau adalah penyambung generasi tua ke generasi baru”.

Round Kelana atau yang juga biasa dipanggil “Yahwa” memiliki nama asli Harun. Beliau dilahirkan di Jeuram pada tahun 1940. Kecintaan dan keseriusannya pada dunia seni lukis telah dibuktikannya sejak dari Sekolah Dasar (saat itu Sekolah Rakyat). Saat itu, bermodalkan daun nipah sebagai kuas, kunyit dan gincu sebagai pewarna, Round Kelana pun terjun dan berkelana dalam seni lukis.

Tahun 2007 adalah masa tersulit bagi riwayat kesenimanannya, kondisi fisiknya yang semakin senja dengan matanya yang semakin rabun, ia sudah tidak dapat lagi melukis. Ya, jika boleh dikata, ia adalah seorang seniman lukis Aceh yang diselamatkan tuhan pada gelombang raya tanggal 26 Desember 2004 silam untuk melukiskan fenomena itu dengan lebih dulu melihat dan mengalami langsung kejadian itu. Beberapa lukisan karya Round Kelana tersebar di berbagai tempat di Aceh, diantaranya di Museum Tsunami Aceh, pendopo gubernur Aceh, Taman Makam Pahlawan, dan gedung DPRA. Selamat jalan sang pengelana. Terimakasih telah menghiasi Aceh dengan keindahan. Tetaplah melukis jika sudah di sana.



Tanda yang terdapat di jalan Syiah Kuala untuk mengetahui rumah duka. Foto: Dedy Kalee 




COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Pelukis Round Kelana Meninggal Dunia
Pelukis Round Kelana Meninggal Dunia
http://3.bp.blogspot.com/-MUzbe1EylXQ/VMTPXMy1KlI/AAAAAAAABGU/_C9yjt-TFKQ/s1600/20130726_Round_Kelana_1.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-MUzbe1EylXQ/VMTPXMy1KlI/AAAAAAAABGU/_C9yjt-TFKQ/s72-c/20130726_Round_Kelana_1.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2015/01/pelukis-round-kelana-meninggal-dunia.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2015/01/pelukis-round-kelana-meninggal-dunia.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago