Archive Pages Design$type=blogging

News

Mahasiswa Aceh di Yogyakarta Gagas Rumah Batu

Yogyakarta _ Mahasiswa Aceh yang sedang kuliah di Yogyakarta akan mengadakan acara Pameran dan Bazar Batu Nusantara pada Jumat (17/11...



Yogyakarta_ Mahasiswa Aceh yang sedang kuliah di Yogyakarta akan mengadakan acara Pameran dan Bazar Batu Nusantara pada Jumat (17/11/2015). Acara yang dilaksanakan sampai tanggal 27 April tersebut digagas mahasiswa bersama masyarakat Aceh yang sedang berada di Yogyakarta.

Acara pameran dan bazar yang dilaksanakan tersebut adalah penanda untuk dibukanya sebuah ruang pamer dan untuk memasarkan berbagai jenis batu yang berasal dari berbagai wilayah di Nusantara. Ruang tersebut dinamakan Bale Gadeng Gemstone House. Terletak di jalan Kartini No. 1a Sagan, Yogyakarta.

Adapun demam batu yang diprediksi tidak akan sama nasibnya seperti halnya demam yang pernah terjadi pada benda mudah daur ulang atau bisa diternak lainnya adalah sebuah awal keberangkatan untuk menggagas sebuah tempat yang representatif bagi penikmat, pecinta, pembeli dan pemasar batu.

Bale Gadeng Gemstone House direncanakan akan menjadi semacam galeri batu di Yogyakarta, di mana para pedagang, pecinta batu, serta pencari pengetahuan tentang batu di berbagai pelosok Nusantara akan berkumpul untuk saling berbagi pengetahuan tentang batu ataupun bertukar wujud batu yang memiliki berbagai jenis dan tingkat kualitas tersebut.

Tu-ngang Iskandar selaku Ketua panitia penyelenggara Pameran dan Bazar Batu Nusantara mengungkapkan bahwa selain pameran dan bazar, juga terdapat acara pendukung lainnya seperti kontes batu, talkshow yang menghadirkan lintas pembicara tentang batu, maupun pentas kesenian dari berbagai daerah. “ini adalah kota pelajar dan sekaligus kota budaya. Batu selain mengandung pengetahuan dan ilmu, juga mengandung estetika yang tinggi. kita sebagai manusia harus menghargainya sebagai benda mulia, karena batu bisa menjadi media silaturrahmi” ungkap Tu-ngang Iskandar.

Berbagai batu yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia akan ditampilkan dalam pameran dan bazar batu yang rencananya akan dibuka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 17 April 2015 tersebut. Pameran akan dilangsungkan dari tanggal 17 - 27 April 2015. Batu Giok Aceh yang pernah dikabarkan memiliki berat 20 ton misalnya, bagian dari batu tersebut juga sengaja didatangkan dari Aceh untuk mengisi ruang pada Bale Gadeng Gemstone House ini.

“Bale Gadeng Gemstone House ingin menjadi semacam jembatan kultural yang menghubungkan berbagai jenis batu serta berbagai latar belakang manusia untuk saling berhubungan. Hal ini penting untuk melanjutkan tradisi mencintai alam dan karakter kreatif kita yang sepertinya jarang diperhatikan dalam mewujudkan kualitas sebuah benda seperti batu” ungkap Prof. Dr. Irwan Abdullah selaku penggagas Bale Gadeng Gemstone House.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Mahasiswa Aceh di Yogyakarta Gagas Rumah Batu
Mahasiswa Aceh di Yogyakarta Gagas Rumah Batu
http://2.bp.blogspot.com/-LPwUurfRmW0/VStmtssykkI/AAAAAAAABJw/4M9fvdZ6pns/s1600/batu-giok-gold-super.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-LPwUurfRmW0/VStmtssykkI/AAAAAAAABJw/4M9fvdZ6pns/s72-c/batu-giok-gold-super.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2015/04/mahasiswa-aceh-di-yogyakarta-gagas.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2015/04/mahasiswa-aceh-di-yogyakarta-gagas.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago