Archive Pages Design$type=blogging

News

Meunasah Aceh dan Dalail Khairat Keliling di Yogyakarta

Yogyakarta _ Sebagai kota pendidikan, budaya dan juga pariwisata, di Yogyakarta terdapat berbagai suku dan jenis kebudayaan yang berasa...


Yogyakarta_ Sebagai kota pendidikan, budaya dan juga pariwisata, di Yogyakarta terdapat berbagai suku dan jenis kebudayaan yang berasal dari berbagai daerah, baik dari Dalam Negeri maupun Mancanegara. Orang-orang yang berkunjung ke sini tidak saja dalam rangka menikmati pesona objek keindahan semata, namun juga untuk menuntut ilmu dan berdagang. Manusia yang berasal dari Aceh terbilang tidak sedikit di sini. Menurut data yang diperoleh organisasi induk Taman Pelajar Aceh (TPA) Yogyakarta, pada tahun 2004 saja, setelah tsunami melanda Aceh, terdapat sekitar 6000 an masyarakat Aceh di Yogyakarta. Angka tersebut terus meningkat berkali lipat setelah penandatanganan perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah Indonesia. Kondisi yang aman, perekonomian yang mulai pulih dan adanya program beasiswa bagi anak-anak aceh dari pemerintah pusat dan daerah, telah memberi pengaruh yang sangat besar pada peningkatan jumlah masyarakat Aceh yang memilih Yogyakarta sebagai kota tujuan.

Banyaknya masyarakat Aceh di sini bisa kita lihat dari hadirnya berbagai warung yang menjual minuman dan makanan khas Aceh. Masyarakat Aceh pada malam hari lebih banyak berkumpul di tempat-tempat makan ataupun tempat-tempat ngobrol yang nyaman. Berbagai isu ataupun program terkait Aceh ikut dibincangkan di sana. Isu budaya dan politik adalah yang paling besar porsinya dibandingkan dengan isu-isu lainnya. Adapun salah satu tempat alternatif untuk berkumpul masyarakat Aceh di yogyakarta adalah meunasah Aceh. Tempat yang disewa untuk menjadi ruang belajar agama dan silaturrahmi masyarakat Aceh ini digagas pada tahun 2012 oleh beberapa orang tua Aceh yang rindu terhadap spiritualitas seperti di Aceh, dan ingin agar banyaknya masyarakat Aceh di Yogyakarta juga harus diseimbangkan dengan hadirnya ruang-ruang keAcehan.

Berbagai macam aktivitas budaya yang terkait nilai-nilai Islam diadakan di sini. Mulai dari pengajian, maulid, ceramah agama, majlis dalail khairat, hingga arisan. Dalail khairat dan pengajian adalah kegiatan yang selalu rutin diadakan tiap minggunya, oleh karena anggotanya yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Besarnya animo masyarakat, terutama mahasiswa Aceh yang sedang menuntut ilmu di yogyakarta dalam mengikuti aktivitas relius ini diapresiasi oleh Teungku Bustami, salah satu penggagas dan sekaligus Teungku di Meunasah Aceh perantauan tersebut. Bagi Teungku Bustami, fenomena ini terbilang luar biasa, mengingat dari tahun 93 beliau telah terlibat dalam hal semacam ini di Pulau Jawa. “kamoe dari thon 93 (1993) ka meupeuget acara semacam nyoe di Jawa, tapi nyan mandum hana trep bertahan, karena krisis anggota. Jinoe nyoe ka luar biasa, karena ka rame aneuk mahasiswa terlibat. Lumayan, ka berjalan peut thon” ungkap Teungku Bustami dalam bincang-bincang dengan beberapa mahasiswa yang menemuinya usai acara dalail khairat keliling di asrama Aceh Sabena, Yogyakarta.

Ditemui redaksi acehmediart.com di asrama Sabena, disela-sela perbincangannya dengan mahasiswa yang membahas tentang persiapan acara maulid dan adanya siraman rohani sebelum dalail khairat dimulai, Teungku Bustami terlihat sangat senang dengan berbagai masukan yang diberikan oleh para mahasiswa. “nyankeuh lagee nyoe nyang kamoe harapkan. Kamoe pane na ek meupike lom, ka tuha” ungkap beliau kepada mahasiswa yang memberi masukan tentang format Dalail Khairat ke depan.

Acara Dalail Khairat yang digagas sebagai media untuk bersilaturrahmi sesama masyarakat Aceh di Yogyakarta ini terbilang menarik, mengingat anggota yang mengikuti acara ini tidak hanya yang berada di Yogyakarta, namun juga dari berbagai kota lainnya di Pulau Jawa. Acara Dalail Khairat keliling ke tiap asrama kendati baru pertama kali diadakan, telah berhasil menyedot perhatian mahasiswa Aceh yang berada asrama-asrama Aceh di yogyakarta. Ketua asrama Aceh Sabena Yogyakarta Abdurrahman Sayuti mengungkapkan, bahwa acara semacam ini perlu mendapat tempat di tiap-tiap asrama mahasiswa Aceh lainnya, mengingat ini adalah acara yang sangat positif. “tanyoe wajeb tasupport acara lagee nyoe, supaya aneuk Aceh yang menuntut ilmu semangat hudepjih sejalan dengan nilai-nilai agama, sabe tingat keu Tuhan dan nabi” ungkap Sayuti yang ditemui acehmediart.com ketika sedang memasak menu kuwah leumak, yang nantinya akan dihidangkan kepada majlis Dalail Khairat.

Dari pengamatan acehmediart.com yang berada di tempat acara Dalail Khairat berlangsung, yaitu pada jam 21:20 WIB, Jumat malam (26/11/2015), lebih dari 40 peserta ikut andil dalam acara Dalail Khairat keliling ini. Dalail Khairat keliling rencananya akan terus berlangsung ke asrama-asrama maupun tempat-tempat berkumpul populer masyarakat Aceh di Yogyakarta. Program ini diharapkan selain untuk mengikat tali sulaturrahmi, juga menjadi media untuk terus mengingat kebesaran tuhan dan juga untuk memberi semangat ataupun pencerahan pada masyarakat Aceh yang berada di luar aceh, baik yang sedang menuntut ilmu ataupun yang sedang mencari nafkah buat keluarga. Harapan tersebut disampaikan oleh Teungku Bustami, menutup perbincangan dengan para mahasiswa dan wartawan acehmediart.com. (Tu-)

Foto-foto acara (oleh Raden):




COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Meunasah Aceh dan Dalail Khairat Keliling di Yogyakarta
Meunasah Aceh dan Dalail Khairat Keliling di Yogyakarta
http://2.bp.blogspot.com/-r1WlAZtYLro/VlguV224POI/AAAAAAAABMQ/N45AAHoJnm4/s640/IMG_0258.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-r1WlAZtYLro/VlguV224POI/AAAAAAAABMQ/N45AAHoJnm4/s72-c/IMG_0258.JPG
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2015/11/meunasah-aceh-dan-dalail-khairat.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2015/11/meunasah-aceh-dan-dalail-khairat.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago