Archive Pages Design$type=blogging

News

ROH JAHAT TAKUT SAMA BREWOK

Oleh: Musmarman Abdullah ilustrasi ROH JAHAT TAKUT SAMA BREWOK, Apa betul ? Tentu saja asumsi itu tidak betul. Tapi mari kita saksi...

Oleh: Musmarman Abdullah
ilustrasi

ROH JAHAT TAKUT SAMA BREWOK, Apa betul ? Tentu saja asumsi itu tidak betul. Tapi mari kita saksikan bersama-sama. Di kecamatan kami ada seorang dukun yang hebat. Namun hari itu ia benar-benar kehabisan akal mengusir roh jahat dari sebuah rumah warga. Segala mantra telah dicoba, semua bentuk sesajen telah diberikan, segenap ritual persembahan telah digelarkan, namun roh itu tetap mengganggu penghuni rumah tiap malam.
Hingga berminggu-minggu dukun hebat kami itu betul-betul kewalahan. Semua bentuk huruf rajahan dan kalimat-kalimat spiritual sudah ditempel di dinding rumah itu, malah ditambah lagi dengan poster kumpulan tokoh-tokoh Aceh kharismatik yang diharapkan Sang Dukun semoga bisa membantu, namun roh jahat itu malah kian kelewatan mengganggu seisi rumah.
Hingga tibalah suatu hari di mana saking putus asa, timbullah sikap iseng sang dukun. Dan, ternyata, keisengan itulah yang menuntaskan semua persoalan. Praktis sejak poster Mualem, Surya Paloh dan Ghazali Abas dipajangkan di dinding, semua roh peganggu minggat dari rumah tersebut dan tak pernah kembali lagi.
Sekarang pertanyaannya, “Apakah roh jahat takut sama brewok?” jawabannya, “Tetap tidak.” Tapi apa kaitan antara roh jahat dan tiga tokoh publik berpenampilan khas brewokan itu? Tidak ada kaitan. Masalahnya, tuan rumah sangat benci pada lelaki brewokan, karena dia sendiri tidak punya brewok, sementara ia tahu betul, diam-diam isterinya agak suka pada lelaki berwajah semak.
Jadi, apa-apa yang kita benci dan itu ada di rumah kita, maka roh jahat akan pergi, untuk membiarkan kita hidup dengan hal yang menimbulkan rasa iri (yang kita biarkan ada di rumah lantaran kondisi keterpaksaan). Saya ulangi: semua hal yang kita benci dan itu ada di rumah kita, maka roh jahat akan pergi, untuk membiarkan kita hidup dengan hal yang menimbulkan rasa benci itu (yang kita biarkan ada di rumah lantaran kondisi keterpaksaan). Bagi roh jahat, rasa benci yang bersarang di hati manusia itu sudah setara sebagai pengganti kehadiran mereka.
Nah, karena terlalu benci pada lelaki brewokan, seminggu kemudian sang tuan rumah sampai tak tahan, lalu nekat merobek ketiga poster tokoh politik kita. Dan, malamnya, semua roh jahat sontak kembali ke rumah. Besoknya, dukun kita yang penuh bakat humor segera dipanggil kembali.
“Sekarang apa lagi yang paling Anda benci di dunia ini?” tanya dukun kita dengan senyum tersembunyi dalam hati. “Bintang-bintang film wanita yang suka berpakaian tidak sopan!” jawab tuan rumah.
Maka hari itu juga sang dukun memasang tiga poster bintang film Barat dan dua poster bintang film nasional di dinding dalam kamar tidur tuan rumah. Kelima selebritis itu terkenal sebagai bintang yang suka beradegan tidak sopan di film-film mereka. Dan saat itu juga, semua roh jahat lari lintang-pukang meninggalkan rumah tersebut.
Namun, seminggu kemudian, dukun kita dengan tergesa-gesa dipanggil lagi ke rumah itu. Masalahnya, serta-merta, tanpa sebab, roh-roh jahat itu datang lagi dan mengganggu seisi rumah lebih dari yang sudah-sudah. Padahal poster-poster bintang film seksi itu masih utuh tertempel di dinding dalam kamar tidur.
Melihat situasi yang begitu rumit, pelan-pelan dukun kita melangkah ke sudut ruangan dan dengan nekat, disertai bakat spekulasi yang tinggi, berbisik di telinga tuan rumah, “Jangan malu-malu. Mengaku saja. Diam-diam Anda mulai menyukai gambar-gambar seronok itu, bukan?”


*penulis adalah cerpenis Aceh

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: ROH JAHAT TAKUT SAMA BREWOK
ROH JAHAT TAKUT SAMA BREWOK
http://3.bp.blogspot.com/-nyEDyR7uBOo/VpOkn3WJN4I/AAAAAAAABPA/RuLdRKriOiM/s1600/mmmme.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-nyEDyR7uBOo/VpOkn3WJN4I/AAAAAAAABPA/RuLdRKriOiM/s72-c/mmmme.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2016/01/roh-jahat-takut-sama-brewok.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2016/01/roh-jahat-takut-sama-brewok.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago