Archive Pages Design$type=blogging

News

Sulaiman Juned Bangkitkan Adnan PM TOH di Taman Putroe Phang

(foto Sulaiman Juned dan Teungku Adnan PM TOH) Banda Aceh  _ Memenuhi tugas akhir penciptaan seni Program Doktoral Pascasarjana ISI S...

(foto Sulaiman Juned dan Teungku Adnan PM TOH)
Banda Aceh _ Memenuhi tugas akhir penciptaan seni Program Doktoral Pascasarjana ISI Surakarta, Sulaiman Juned akan mementaskan Pertunjukan Teater Tutur Adnan PM TOH “Mencipta Bersama Masyarakat”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 14 Maret 2016 pukul 20.00 WIB di Taman Putroe Phang Banda Aceh.

Pertunjukan ini dihadiri oleh promotor dan ko promotor dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, diantaranya Prof. Sardono W. Kusomo, Nano Riantiarno dan Prof. Dr. Irwan Abdullah, MA. Selain itu, juga bisa disaksikan oleh seniman, mahasiswa dan masyarakat umum.

Pimpinan Produksi Dindin Ahmad, M.Sn menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka ujian kelayakan Program Doktoral Penciptaan Seni ISI Surakarta dengan mahasiswa teruji Sulaiman Juned. Kegiatan ini dimotori oleh Sanggar Cempala Karya selaku pelaksana produksi, juga didukung oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, beberapa lembaga terkait serta sanggar seni.

“Dalam rangka ujian kelayakan ini dihadiri promotor untuk membimbing sekaligus menyaksikan pertunjukan karya/sutradara Sulaiman Juned. Pertunjukan selanjutnya pada ujian terbuka dan tertutup akan dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di Taman Putroe Phang dan dihadiri oleh sembilan tim penguji dari ISI Surakarta” Jelas Dindin Ahmad, M.Sn.

Sementara itu, Sulaiman Juned mengungkapkan bahwa pertunjukan ini selain sebagai tugas akhir program doktoral, juga sebagai pengabdiannya untuk selalu membangkitkan khasanah budaya Aceh yang hampir tenggelam. “Almarhum Tengku Adnan PM TOH adalah seniman Aceh yang telah mendunia melalui pertunjukannya, sangat disayangkan apabila masyarakat atau pemerintah tidak melestarikan kesenian yang telah dikembangkan oleh seniman ini” ungkap Sulaiman Juned.

Berangkat dari keresahan dan rasa cintanya terhadap kesenian endatu tersebut, Sulaiman Juned yang juga seorang dosen di Institut Seni Indonesia Padangpanjang ini mengangkat kembali pertunjukan Teater Tutur Adnan PM TOH melalui tugas akhir Program Doktoralnya.

Pertunjukan ini berdurasi sekitar 2 jam dengan aktor lima orang, diantaranmya adalah Udin Pelor (Seniman Aceh), Rasyidin (Seniman, Dosen ISBI Aceh), Muda Balia (Seniman Aceh), Samsul Bahri (Anak Teungku Adnan PM TOH) dan Teuku Afifuddin (Seniman, Dosen ISBI Aceh). Melalui pertunjukan ini, Sulaiman Juned ingin menjelaskan perjalanan hidup dan proses berkesenian Teungku Adnan PM TOH.

“Semoga pertunjukan ini akan memberikan pembaharuan dan pencerahan terhadap perkembangan seni di Aceh dan di Indonesia pada umumnya” Papar Sulaiman Juned.

(Ansar)



COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Sulaiman Juned Bangkitkan Adnan PM TOH di Taman Putroe Phang
Sulaiman Juned Bangkitkan Adnan PM TOH di Taman Putroe Phang
https://2.bp.blogspot.com/-fpyKHXRbdY0/VuaGPC08aYI/AAAAAAAABQM/6gd_Ki8misIH2FAxpXzFWBiomsBt6Uo-w/s640/6153_10209499268425160_2444872966449316488_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-fpyKHXRbdY0/VuaGPC08aYI/AAAAAAAABQM/6gd_Ki8misIH2FAxpXzFWBiomsBt6Uo-w/s72-c/6153_10209499268425160_2444872966449316488_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2016/03/sulaiman-juned-bangkitkan-adnan-pm-toh.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2016/03/sulaiman-juned-bangkitkan-adnan-pm-toh.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago