Archive Pages Design$type=blogging

News

Seniman Muda Aceh Akan Gelar "Nuga-Nuga" Art Workshop & Exhibition di Aceh

Banda Aceh - Sebuah perhelatan seni rupa "Nuga-nuga" akan digelar di Aceh pada tanggal 31 Juli - 5 Agustus 2016. Acara yang di...

Banda Aceh - Sebuah perhelatan seni rupa "Nuga-nuga" akan digelar di Aceh pada tanggal 31 Juli - 5 Agustus 2016. Acara yang diinisiasi oleh Komunitas Kanot Bu bekerjasama dengan Seniman Perantauan Atjeh (SePAt) ini akan diisi dengan kegiatan berkarya bersama (workshop) selama tiga hari berturut-turut dan akan diakhiri dengan pameran hasil karya workshop selama satu minggu. Kegiatan Workshop dan pameran karya akan dilangsungkan di Bivak Emperom Komunitas Kanot Bu, yang beralamat di Jln. Cut Nyak Dhien, Emperom, Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Atau persis bersebelahan dengan kantor Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.
Dengan mengangkat tema “Nuga-Nuga”, perhelatan seni rupa ini mengundang anak-anak muda Aceh yang senang berkarya bersama-sama untuk ikut ambil bagian dalam acara ini. Disediakan kopi dan makanan ringan di sana. Kepala urusan Workshop, Ibnu Hajar mengatakan, kegiatan ini selain bisa diikuti oleh personal juga bisa diikuti oleh komunitas seni yang ada di Aceh.
“Kami menyebut perhelatan ini sebagai "Nuga-Nuga". Dalam persepsi kami, nuga adalah metafora dari penanda ingatan, alat meng-geulawa (melempar) siapa saja yang kira-kira pantas digeulawa (dilempar). Nuga tidak kami definisikan secara sepihak karena kami rasa kemerdekaan definisi sesungguhnya ada dalam persepsi kita masing-masing. Untuk seniman muda Aceh, kami mengharapkannya untuk ikut ambil bagian dalam acara ini, karena kami jamin seru” kata Ibnu.
mengenai tema Nuga-nuga Lebih detail dijelaskan oleh Reza Mustafa, salah satu penggerak di Komunitas Kanot Bu, Nuga adalah kata dalam bahasa Aceh yang berarti kayu sisa atau terlantar. Dalam keseharian ia biasa digunakan sebagai benda yang bersinggungan dengan urusan fisik. Kerap pula bersinggungan dengan perilaku kekerasan seperti untuk mengancam, menjatuhkan, atau bahkan memukul hingga mematikan.
“Nuga telah kadung terkonotasikan dan terkungkung pada perkara-perkara negatif, fisik, atawa limbah. Keterkungkungan yang butuh sebuah upaya pemerdekaan untuk membebaskannya dari penjara paling isolatif dari pemaknaan diri kita sendiri” ungkap Reza.
Menurut Reza, fungsi yang mengacu pada fisik ini, bagi seniman—selagi ngopi di Bivak Emperom—dianggap sebagai pemiskinan bahasa. Mesti ada cara lain untuk membuatnya lebih kaya. Seperti bagaimana menggunakannya sebagai medium yang bisa membahasakan atau mengungkapkan pelbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam workshop seni rupa ini, nuga-nuga juga merupakan medium yang digunakan para seniman dalam membahasakan pelbagai masalah yang dikemas dalam sebuah pameran. Nuga-nuga dijadikan sebagai bahasa simbolik demi memberikan penyegaran pada sebuah realitas yang terjadi di Aceh.
“Entah bagaimana, tanpa menyimbolkannya dengan apa-apa, nuga bisa saja menjatuhkan korban. Setidaknya melalui pameran yang di gagas kali ini, seniman ingin meluaskan definisi nuga tersebut ke dalam makna yang mengarah pada fungsi metafisik. Yaitu sebagai benda yang memberikan kekuatan atau daya sentuh, namun tanpa melukai fisik tertentu.” lanjut Reza lagi.
Acara ini rencananya akan dikuratori oleh kurator muda Aceh, Putra Hidayatullah. Sebelumnya, Putra juga menjadi kurator pada perhelatan akbar dua tahunan seni rupa kontemporer berskala internasional di Jakarta Biennale 2015.
Workshop seni rupa “Nuga-nuga Art Workshop & Exhibition” terselenggara berkat sokongan dan kerjasama apik antar unit-unit kreatif di Banda Aceh dan Yogyakarta, seperti NyanbanKaos, Aceh Documentary, geulanceng, Tu-ngang Syndicate, kaosmaop, Band Indie Seungkak Malam Seulanyan dan Amroe, serta q management.
Bagi yang ingin ambil bagian dalam acara ini, segera konfirmasi kehadiran anda pada nomor 08116722896, atau langsung saja datang ke tempat workshop saat acara berlangsung.
Neujak nyan beh, bek hana ipakat le singohngoh..! ..he

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Seniman Muda Aceh Akan Gelar "Nuga-Nuga" Art Workshop & Exhibition di Aceh
Seniman Muda Aceh Akan Gelar "Nuga-Nuga" Art Workshop & Exhibition di Aceh
https://2.bp.blogspot.com/-znaCDXXOm4w/V5u7IRuElqI/AAAAAAAABVM/RbGrC1aeumgMyf-d-gidzKADgLkpC6TQgCLcB/s640/13874736_1071696236242436_1431835319_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-znaCDXXOm4w/V5u7IRuElqI/AAAAAAAABVM/RbGrC1aeumgMyf-d-gidzKADgLkpC6TQgCLcB/s72-c/13874736_1071696236242436_1431835319_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2016/07/seniman-muda-aceh-akan-gelar-nuga-nuga.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2016/07/seniman-muda-aceh-akan-gelar-nuga-nuga.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago