Archive Pages Design$type=blogging

News

5 Perupa Aceh Tampil Bersama di Piasan Seni Banda Aceh 2016

BANDA ACEH_  Pembukaan Piasan Seni 2016 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Seremoni pembukaan yang biasanya ditandai dengan pemukula...

BANDA ACEH_ Pembukaan Piasan Seni 2016 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Seremoni pembukaan yang biasanya ditandai dengan pemukulan rapai, namun kali ini, seluruh perangkat pimpinan di kota Banda Aceh dan beberapa orang kementerian dari Jakarta menuju ke arah dimana tiga buah kanvas berukuran tiga meter diletakkan.

Semua pejabat kemudian mengambil kuas, menoreh warna di tiap kanvas itu. Walikota Banda Aceh dan Wakilnya terlihat menikmati sekali menggores. Illiza menggores warna kuning. Wakil walikota warna biru dan ketua DPRK juga warna serupa. 5 seniman rupa kemudian melanjutkan goresan pimpinan kota berbarengan dengan penampilan tari komunitas Saleum.

Atraksi tersebut mendapat perhatian khusus dari pengunjung piasan seni. Penonton berkerumun di sayap kiri panggung menyaksikan aksi melukis kolaboratif ini. Seniman-seniman tersebut antara lain Idrus Bin Harun (Komunitas Kanot Bu), Ruben dan Arnis (Akar Imaji), Iswadi Basri (Apotek Wareuna) dan Zahrul Fuadi (Aceh Ethnic). Mereka adalah perupa muda yang memiliki karakter masing-masing.

Tiga papan kanvas berukuran seluruhnya 9 meter itu akhirnya terwarnai sudah, Nampak guratan nan figuratif. "Karya ini masih dalam proses. Akan kita selesaikan hari terakhir Piasan Seni, insyaallah!" kata Iswadi Basri.

Iswandi Basri mengatakan bahwa, tema yang diangkat berkenaan dengan identitas pembangunan kota Banda Aceh. Ini sesuai dengan tema Piasan Seni: Berkarya untuk Negeri. "Untuk parade lukis ini, kami bersepakat untuk tetap kritis dengan politik pembangunan di kota kita. Walau menggunakan ungkapan yang mudah dicerna publik" ujar Iswadi.

Untuk diketahui, Piasan seni adalah ajang kreatifitas seni tahunan yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh. Ragam kreativitas seniman dari berbagai komunitas di Banda Aceh. Ragam kreativitas seniman dari berbagai komunitas di Banda Aceh nimbrung di ajang ini untuk memamerkan karya mereka.(Maop)

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: 5 Perupa Aceh Tampil Bersama di Piasan Seni Banda Aceh 2016
5 Perupa Aceh Tampil Bersama di Piasan Seni Banda Aceh 2016
https://2.bp.blogspot.com/-wv-P4MWADYQ/V_CSnwFzRGI/AAAAAAAABfg/b63cAu8FNjUXetBE1E_kqLy3q4cyf8dZwCLcB/s640/IMG-20161002-WA0002.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-wv-P4MWADYQ/V_CSnwFzRGI/AAAAAAAABfg/b63cAu8FNjUXetBE1E_kqLy3q4cyf8dZwCLcB/s72-c/IMG-20161002-WA0002.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2016/10/5-perupa-aceh-tampil-di-piasan-seni.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2016/10/5-perupa-aceh-tampil-di-piasan-seni.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago