Archive Pages Design$type=blogging

News

Dosen ISBI Aceh Belajar Riset Hingga Ke Pinggir Sungai Jalin

JANTHO _ Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang disingkat LPPMPMP membuat agenda kegiatan...


JANTHO_Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang disingkat LPPMPMP membuat agenda kegiatan berupa pelatihan sosialisasi penulisan proposal penelitian, karya seni, dan pengabdian kepada masyarakat di kampus ISBI AcehAcara yang berlangsung pada hari Jumat dan Sabtu siang (14-15 april 2017) dan dibuka oleh rektor ISBI Aceh ini merupakan langkah awal bagi dosen ISBI Aceh untuk berpartisipasi mengikuti riset dalam bidang seni di lingkungan kementrian riset teknologi dan pendidikan seni.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada acara ini adalah Dr. Nasrul Arahman, ST, MT, kepala unit pengelolaan jurnal dan reviewer Universitas Syiah Kuala. Paparan materi yang di sampaikan terbilang menarik. Menurutnya, penelitian adalah sebagai “kanot bu” bagi yang sudah memilih profesi sebagai dosen. Dalam istilah lain, penelitian adalah sebagai lahan yang dapat mendatangkan rezeki unlimited. Sekilas lalu mungkin penelitian untuk mendapatkan uang melimpah hanyalah sebuah guyonan, akan tetapi dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebuah kampus dapat diukur keberadaannya dalam memajukan generasi bangsa yang lebih baik” paparnya.

Ia juga mengatakan bahwa dosen sebagai pelopor dan harus dapat mencipta laboratorium. Dalam kasus penelitian seni, Dr. Nasrul memberi sebuah contoh proposal seni yang pernah didanai oleh DIKTI, yaitu tari saman untuk tuna netra. Seni bagi kebutuhan orang-orang khusus. Judul proposal ini menarik bagi reviewer untuk melanjutkan risetnya, karena ada sesuatu yang baru yang didapatkan. Tari saman yang mendunia katanya tidak lagi semata-mata menjadi milik orang Aceh. Dalam hal ini, beliau mengungkapan bahwa setiap insan yang tertarik untuk belajar akan selalu dituntut untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Lebih lanjut Dr. Nasrul juga memberikan trik-trik membuat proposal yang bagus, yaitu dimulai dari format proposal, mencari judul penelitian, membuat abstrak, pendahuluan (latar belakang,rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian), kajian pustaka (road map jika ada), metode penelitian, jadwal kegiatan, daftar pustaka, lampiran (biodata, anggaran, sarana dan prasarana, job description). Ia juga menjelaskan tentang substansi dari proposal yang nantinya diharapkan dapat melahirkan karya original, bukan menggulang penelitian, selalu menjaga kebenaran dan manfaat serta makna dari penelitian. Selain itu, juga dijelaskan mengenai hasil yang tidak menyesatkan, meneliti secara cermat, tepat, teliti, benar dan juga bertanggung jawab secara akademis dan secara moral atas karya penelitian.


Kegiatan yang digagas oleh LPPMPMP ini telah menunjukkan bahwa banyak hal yang harus dipelajari kembali dalam memulai sebuah tulisan yang berkualitas. Di sini, kita seakan juga diarahkan untuk merancang strategi membuat proposal yang berkualitas. Terdapat juga coaching clinic  dan presentasi proposal oleh peserta pelatihan yang difokuskan dalam bidang seni dalam acara ini.  Peserta dalam program ini seakan diharapkan untuk dapat menghasilkan suatu karya riset yang berciri baru dan merupakan penemuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan tidak meniru karya orang lain. Intinya, sebuah penelitain dalam bidang seni harus memuat informasi dan ilmu baru ketika sudah dituliskan.

Agenda pelatihan penulisan ini pun sepertinya belum berakhir di dalam ruang indoor, karena Dr. Nasrul akhirnya kami ajak ke tepi sungai Jalin. Di sana, selain untuk menjamunya dengan makan siang di hulu Krueng Aceh, juga untuk melanjutkan diskusi itu kembali. Tentunya dengan suasana yang lebih cair dan canda tawa. Dr. Nasrul yang merasakan suasana seperti tanpa berjarak itu menggantung harapan besar kepada dosen-dosen ISBI Aceh. Ia berharap agar di tahun 2018 mendatang, dosen-dosen ISBI Aceh menjadi penerima dana hibah dari dikti. Kuncinya adalah rajin membuat proposal dan sharing, jangan mudah menyerah dan terus mencoba” kata Dr. Nasrul. Yang lebih terharu, beliau juga bersedia membantu untuk memeriksa dan memberi solusi dalam membuat proposal yang baik. Penelitian dengan judul seni memberikan peluang yang cukup besar untuk lolos proposal dan penelitian hibah dosen. Jangan jadi dosen jika tidak ada penelitian. Guru saja sekarang sudah meneliti lho sambungnya. Ha.ha.ha..Sepertinya ia menyindir dosen jadi-jadian alias kawe.

Di pinggir sungai Jalin ini, rasanya tidak habis-habisnya muara diskusi untuk mendapatkan ilmu jika diteruskan. Namun waktu memang terbatas. Semoga hal yang begini selalu menjadi permulaan bagi kami sebagai calon peneliti untuk terus berjuang demi pendidikan seni Aceh yang berkualitas dan bermantabat. ***(dedy kalee)

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Dosen ISBI Aceh Belajar Riset Hingga Ke Pinggir Sungai Jalin
Dosen ISBI Aceh Belajar Riset Hingga Ke Pinggir Sungai Jalin
https://4.bp.blogspot.com/-B0zvsgGVO1M/WPZ6FZvcGkI/AAAAAAAAClo/YsFl3j-ji8oWWFp-Z0CycE3sfgWRwHSkQCLcB/s640/17974529_1446270715446203_1830558888_n.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-B0zvsgGVO1M/WPZ6FZvcGkI/AAAAAAAAClo/YsFl3j-ji8oWWFp-Z0CycE3sfgWRwHSkQCLcB/s72-c/17974529_1446270715446203_1830558888_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/04/dosen-isbi-aceh-belajar-riset-hingga-ke.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/04/dosen-isbi-aceh-belajar-riset-hingga-ke.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago