Archive Pages Design$type=blogging

News

Isi Kuliah Umum, Professor Amerika Ingin Riset Kesenian Islami di Aceh

JANTHO _ Senin pagi suasana gedung rektorat ISBI A ceh tidak seperti biasanya , b eberapa orang tampak s eperti s edang bersiap menya...


JANTHO_Senin pagi suasana gedung rektorat ISBI Aceh tidak seperti biasanya, beberapa orang tampak seperti sedang bersiap menyambut tamu. Seragam adat Aceh yang dan beberapa mahasiswa yang sedang memegang alat music tradisional seperti rapai, gendeurang dan seurune menjadi semacam penanda. Pagi itu aku langsung mencoba bergabung di keramaian itu dan melihat bahwa tamu pun sudah berada di sana. Suara seurune kalee pun melengking, penari terlihat sudah bersiap melenggak. Tidak terkecuali tamu yang langsung merapat.

Pagi ini seorang professor ternama dari Amerika datang ke sini berkat inisisasi dari koordinator Prodi Seni Karawitan Dindin ahmad M.Sn. Profesor tersebut adalah Prof. Anne K Rasmussen, seorang guru besar musik etnomusikologi bidang kajian Timur Tengah, direktur William and mary midle easter music ansamble at the college of willian and mary williamburg Virginia, serta president the society for musicology USA. Ia datang untuk satu perkuliahan yang diadakan di Aula kampus A ISBI Aceh. Selain Profesor itu, turut hadir juga Ustadz Ali Muntasar, seorang penghikayat, seumapa, dan vokalis lagu-lagu Timur Tengah, pak Samsul putra Adnan PMTOH, penerus tradisi lisan. Juga hadir agamawan dan Teuku Ahmad Dadek, putra kota Johan Pahlawan Meulaboh (ketua Dewan Kesenian Aceh Barat yang juga kepala BAPPEDA Aceh Barat.

Dalam Kuliah Umum ini, Prof Anne memulai dengan mengucapkan penghormatan akademis dan kebudayaan kepada civitas akademika ISBI Aceh. Kesan pertama ketika beliau menginjakan kaki di bumi serambi mekkah ini memang agak berkesan. Ia mengatakan ingin tinggal lebih lama untuk mencoba membuat riset beberapa kesenian islami yang ada di Aceh. Saya tertarik Aceh karena ada pengaruh dari Timur Tengah, apakah masih ada sirkulasi musik-musik, dan pukulan alatnya, untuk dijadikan bahan riset, sehingga dapat mengetahui lebih lanjut tentang pendidikan islami Aceh” kata Prof Anne.

Prof. Anne menjelaskan tentang bagaimana perjalanan islam di Nusantara dari Arab, Persia, dan india melalui peta yang ditampilkan dalam bahan presentasinya. Selama ini penelitian Prof. Anne memang sudah melakukan penelitian di Jakarta, Kalimantan, dan selawesi untuk mengikuti Ibu Maria, yang membimbing orang-orang mengaji dalam kegiatan MTQ. Menurutnya Prof. Anne, seni vokal Qiraah adalah salahsatu seni paling tinggi di dunia. Ya, di sini kita dapat mengetahui bagaimana vokal diolah secara teratur dengan berbagai irama dan lagu, sehingga bagi orang yang ikut mendengarkan menjadi tertarik utnuk mencoba mengetahui” ungkap Prof. Anne.

Sebuah buku dengan judul woman the recited quran and Islamic in Indonesia yang ditulisnya diperlihatkan Prof. Anne. Dijelaskannya tentang bagaimana women and music and islam. Dicontohkan dengan lagu-lagu qasidah ibu-ibu, shalawatan, serta pengajian-pengajiaan. Indonesia sangat beragam. Kesenian dapat bersimbiosis dengan baik terhadap lingkungannya” tambahnya. Dijelaskan juga tentang bagaimana agama bisa masuk dalam festival, dan tentang bagaimana agama dan negara bisa mengelola event nasional dan bisa dirayakan. Kegiatan religi dan sikap saling menghormati sangat baik di negeri ini. Latar belakang kebudayaan Arab begitu akrab di sini. Bagi saya, baik di masjid-masjid, pesantren, dakwah-dakwah, majlis-majlis dan lain-lain. Di sini inspirasi saya muncul untuk meneliti lebih lanjut” tambah Prof. Anne lebih lanjut.

Dipaparkan juga bahwa seorang peneliti dalam bidang etnomusikologi tidak hanya sibuk pada catatan-catatan, wawancara, buku-buku, seminar-seminar melainkan pada riset main musik. Ia juga harus menjadi Partisipan dan membantu sebuah riset. Seorang peneliti seperti saya pun sering mendengar (zikir, bacaan quran) bagaimana musik bisa bermakna, dapat diterima oleh masyarakat” paparnya.

Prof. Anne juga memberikan contoh lagu-lagu qiraah yang terjemahkan melalui “gambus atu uud” dan tentang bagaimana lagu bayati, hijas, perpindahan kord dan juga menyanyi salawat. “Membuat sebuah performance untuk dipresentasikan dari hasil sebuah riset, juga merupakan sebuah kesenangan yang ilmiah. Inilah pentingnya peran peneliti, yaitu bisa mempraktekkan apa yang di telitinya. Musik adalah Bahasa yang universal” paparnya lagi.

Hampir satu jam penuh Prof. Anne memaparkan materinya. Kini, giliran sesi Tanya jawab. Tiga penanya dipersilahkan moderator. Saya termasuk yang mendapat kesempatan untuk bertanya. Pertanyaan saya terbilang simple: “Apa yang melatar belakangi Prof. Anne untuk meneliti lebih lanjut tetang Islamic music. Padahal amerika merupakan gudang pop dunia. Anak muda Indonesia sendiri lebih dominan pada music popular?” Tanya saya. Mengenai pertanyaan saya, Prof. Anne pun menjawab dengan singkat. Dia mengatakan bahwa musik harus alami. Ada satu kebudayaan yang dihilangkan, kita harus memanggil testimoni terdahulu di zaman modern ini. Gambus nenek segala gitar, seurune jadi obo. Oleh kebudayaan Arab kami ada di semua orchestra. Alat modern bersumber dari Arab” jelasnya. Sebuah jawaban yang lumayanlah menurut saja, he.

Setelah sesi Tanya jawab selesai, acara pun akhirnya ditutup dengan jamm sesion oleh prof anne, dosen dan mahasiswa. Mereka kemudian berada dalam satu panggung berkolaborasi. Saya sendiri mengambil bagian untuk meniup seurune kale yang lama tak tersentuh. Rapatlah barisan dalam alunan nada dan dakwah kali ini.***(DedyKalee)

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Isi Kuliah Umum, Professor Amerika Ingin Riset Kesenian Islami di Aceh
Isi Kuliah Umum, Professor Amerika Ingin Riset Kesenian Islami di Aceh
https://2.bp.blogspot.com/-TnrhloAHk-M/WPaIq80O7oI/AAAAAAAACl8/6nIfgzABwUsYJqwNJsJGlpbESv-XG7eQgCLcB/s640/18009745_1447632345310040_386556454_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TnrhloAHk-M/WPaIq80O7oI/AAAAAAAACl8/6nIfgzABwUsYJqwNJsJGlpbESv-XG7eQgCLcB/s72-c/18009745_1447632345310040_386556454_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/04/isi-kuliah-umum-professor-amerika-ingin.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/04/isi-kuliah-umum-professor-amerika-ingin.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago