Archive Pages Design$type=blogging

News

Unsyiah Kembangkan Sepeda Air untuk Lomba Tingkat Nasional di Surabaya

BANDA ACEH __ Sepeda air (water bike) adalah suatu alat transportasi yang bentuk utama seperti sepeda, hanya saja tempat beroperasinya...

BANDA ACEH__ Sepeda air (water bike) adalah suatu alat transportasi yang bentuk utama seperti sepeda, hanya saja tempat beroperasinya berada di atas air. Sepeda air merupakan gabungan dari perahu jenis catamaran dan sepeda. Sepeda air mempunyai fungsi yang sama dengan sepeda yaitu pedal, gear, frame, stang dll. Akan tetapi tenaga diperoleh dari dayungan pengemudi melalui sebuah pedal ke kincir atau propeller. 

Sepeda air sebenarnya telah banyak dikembangkan, akan tetapi sepeda air yang dikembangkan oleh Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala Banda Aceh terdiri dari dua kincir atau mereka namai dengan water bike double blade system. Poros dudukan kincir didesain berada di atas permukaan air kira-kira 10 cm diatas permukaan air. Hal ini bertujuan agar Poros Kincir tidak terganggu oleh sampah yang berupa tali atau plastik panjang, dimana sampah tersebut jika melilit pada poros penggerak akan macet atau terhenti. Jika Poros berada di dalam air terdapat beberapa kelemahan yaitu porosnya mudah terkorosi (berkarat), susah diberi pelumas, mudah tersangkut sampah, dan susah dibersihkan dari sampah. Terdapat dua pelampung yang membuat sepeda air mengapung di atas air. Pelampung tersebut dikembangkan menggunakan bahan stereo foam yang dilapisi dengan plat tipis dari bahan aluminium.

Sepeda air yang didesain dan dikembangkan oleh Tim Water Bike Teknik Mesin Unsyiah untuk persiapan lomba Water Bike Competition tingkat Nasional yang diselanggarakan oleh himpunan Teknik Sistem Perkapalan Fakultas Teknik ITS-Surabaya (Institut Teknologi Sepuluh November) pada tanggal 28-30 April 2017.

Adapun kategori yang diperlombakan antara lain adalah Race (Slalom dan Drag), water bike contest, water bike endurance dan yang terakhir water gun. Tahapan pendaftaran yang ditetapkan oleh panitia adalah: Registration (tanggal 11 Januari 2017 s/d 26 Maret 2017), Technical Meeting (tanggal 1 April 2017), serta Perlombaan (tanggal 29 s/d 30 April 2017).

Alhamdulillah Tim Water Bike Teknik Mesin Unsyiah sudah mendaftar dan sudah mengikuti Technical Meeting pada tanggal 1 April 2017. Dari hasil technical meeting tersebut Tim Water Bike Unsyiah mendapat nomor punggung 3. Komposisi Tim antara lain adalah Akhyar, ST, MP, M.Eng (sebagai dosen pendamping), M. Syahril Anwar (sebagai ketua tim, mahasiswa angkatan 2012), Syukran (mahasiswa angkatan 2012), dan Hidayatullah (mahasiswa angkatan 2012). Selain itu Tim Water Bike Teknik Mesin Unsyiah mendapat support dari alumni yakni Mahmuddin Aritanoga dan Irian Syaputra. Tim Teknik Mesin Unsyiah mendapat bantuan dana dari kampus yaitu dari Lab.LDM, Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik dan Rektorat Unsyiah.

Persiapan tim sejauh ini terlihat sudah siap, Sepeda Air yang akan dilombakan juga sudah selesai tinggal sedikit perbaikan tahap akhir atau finishing. Gambar persiapan Sepeda Air dari Tim Water Bike Universitas Syiah Kuala dapat dilihat sebagai berikut.

Gambar 1. Rancangan 3 dimensi dari Sepeda Air Tim Teknik Mesin Unsyiah.

Gambar 2. Tahap pembuatan di Laboratorium Produksi.


Gambar 3. Sepeda Air di uji dayung di Sungai.



Gambar 4. Sepeda Air diuji dayung di danau/waduk.


Selain itu Sepeda Air tersebut juga dapat aplikasi bencana, seperti mengevakuasi orang tenggelam baik di danau, sungai dan laut. Juga mengevakuasi orang akibat bencana banjir. Sepeda Air ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan bidang pariwisata seperti wisata di danau, laut, dan memanfaatkan untuk membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai. Seperti sepanjang sungai Krueng Aceh dan Krueng Daroy yang membelah Kota Banda Aceh.

Oleh Akhyar , ST., MP., M.Eng.


COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Unsyiah Kembangkan Sepeda Air untuk Lomba Tingkat Nasional di Surabaya
Unsyiah Kembangkan Sepeda Air untuk Lomba Tingkat Nasional di Surabaya
https://4.bp.blogspot.com/-zkIiHzVJUlA/WO-V_Tq4n3I/AAAAAAAACj8/GYB2GqqreYMYXb_01H3H4psnslfI9iZPwCLcB/s640/wb1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-zkIiHzVJUlA/WO-V_Tq4n3I/AAAAAAAACj8/GYB2GqqreYMYXb_01H3H4psnslfI9iZPwCLcB/s72-c/wb1.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/04/unsyiah-kembangkan-sepeda-air-untuk.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/04/unsyiah-kembangkan-sepeda-air-untuk.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago