Archive Pages Design$type=blogging

News

29 Dosen ISBI Aceh Mundur dari Jabatan dan Sampaikan Mosi Tidak Percaya pada Rektor

JANTHO _Mosi tidak percaya terhadap kinerja Rektor dan Tenaga Kependidikan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh disampaik...




JANTHO_Mosi tidak percaya terhadap kinerja Rektor dan Tenaga Kependidikan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh disampaikan oleh para dosen ISBI Aceh. Selain mosi tidak percaya, para dosen tersebut juga beramai-ramai mengundurkan diri dari jabatan pimpinan di ISBI Aceh pada Senin 29 Mei 2017. Surat pengunduran diri yang ditandatangani di atas materai langsung disampaikan di hadapan Rektor ISBI Aceh Dr. Ahmad Akmal secara bersama-sama.

Para dosen yang juga pejabat di ISBI Aceh yang sudah menyerahkan surat pengunduran diri di antaranya adalah Ketua Jurusan Seni Rupa dan Desain (Dedy Afriadi, M.Sn), Ketua Jurusan Seni Pertunjukan (Sabri Gusmail, M.Sn), Sekretaris LPPMPMP (Afifuddin), Sekretaris Jurusan Seni Rupa dan Desain (Mifthun Naufa, M.Sn), Sekretaris Jurusan Seni Pertunjukan (Yandri Syafputra), Kaprodi Kriya Seni (M. Zubir, M.Sn) Kaprodi DKV (Arif Budiman, M.Sn), Kaprodi Seni Rupa Murni (Hatmi Negria, M.Sn), Kaprodi Seni Tari (Fitra Airiansyah, M.Sn), Kaprodi Musik Karawitan (Dindin Ahmad, M.Sn), Kepala UPT Teknologi Informasi Komunikasi (Fadlan, M.Sn), Kepala UPT Perpustakaan (Fifie Febryanti Sukman, M.Sn), Sekretaris Satuan Pengawas Internal (Erlinda, M.Sn), dan Anggota SPI (Elmi Novita, M.Sn). Serta masih ada beberapa jabatan lagi yang juga akan mengundurkan diri.

Menurut rilis yang dikirim ke redaksi acehmediart.com, terdapat 26 item persoalan yang terjadi di ISBI Aceh, sehingga para dosen tersebut mengajukan mosi tidak percaya kepada Rektor ISBI Aceh dan para Staf Tenaga Kependidikan. Mosi tidak percaya tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sistem kekeluargaan (Nepotisme) terlalu besar di lingkungan staf Kependidikan kerja ISBI Aceh dan Rektor Melegalkannya.

2. Selama hampir tiga tahun, ISBI Aceh menggunakan sistem kekeluargaan yaitu, semua diatur oleh sanak famili.

3. Sampai hari ini tidak ada kejelasan kurikulum yang dipakai sementara kurikulum pendirian sudah ditinggalkan.

4. ISBI Aceh belum melakukan akreditasi, padahal menurut aturan paling lambat dua tahun ISBI harus sudah terakreditasi, ini dikarenakan ketidak tahuan Rektor dalam hal pengelolaan Perguruan Tinggi dikarenakan beliau tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola organisasi Perguruan Tinggi.

5. Belum ter-akreditasinya seluruh Program Studi di ISBI Aceh mengakibatkan terkendalanya pelaksanaan kelulusan mahasiswa Angkatan pertama ISBI Aceh pada tahun 2018.

6. Sudah hampir tiga tahun, belum ada satu Dosen pun yang memiliki NIDN, ini dikarenakan ketidaktahuan Rektor akan pentingnya NIDN sebagai syarat Mengajar dan Akreditasi sehingga pengurusan NIDN berbelit-belit dan dilakukan oleh orang yang tidak professional.

7. Sudah hampir tiga tahun, dosen tidak memiliki Jabatan Fungsional karena tidak pernah di urus dan Rektor tidak tahu tentang pentingnya Jabatan Fungsional.

8. Perekutan atau pemindahan PNS dari daerah menjadi PNS di ISBI Aceh dilakukan secara kekeluargaan dan tidak sesuai kebutuhan, sebagian besar PNS yang dipindahkan berasal dari guru yang tidak memiliki pengalaman mengurus Administarasi Negara.

9. Sistem penggajian dosen tidak sesuai dengan PMK 33 2016 untuk anggaran 2017.

10. Honor tunjangan tidak sesuai dengan PMK 33 2016 untuk anggaran 2017.

11. THR tidak pernah diberikan kepada dosen.

12. Mengistimewakan Ruangan Staff dengan fasilitas yang tidak merata dengan ruang pejabat fungsional lainnya yang menimbulkan kesenjangan dan ketidaknyamanan dalam bekerja.

13. Kinerja staf yang semena-mena tidak sesuai OTK, dimana staf dapat memerintah Pejabat dari kalangan dosen, dan ini tidak ada tindakan tegas dari Rektor dan seakan Rektor membenarkannya.

14. Pernyataan rektor terhadap kendaraan operasional yang diberikan kepada Kasubbag Umum dan Kepegawaian sebagai bentuk terimakasih bukan karena prestasi atau atauran yang berlaku sehingga penggunaan kendaraan operasional tidak merata di Kampus ISBI Aceh dan adanya penguasaan kenderaan oleh oknum yang merasa punya jabatan dan berstatus PNS.

15. Tidak menggunakan data-data pendirian ISBI sebagai acuan dalam menjalankan roda organisasi ISBI Aceh.

16. ISBI Aceh belum memiliki standar mutu sebagai syarat Akreditasi.

17. Belum ada Senat Institut sesuai OTK.

18. Belum ada Wakil Rektor sesuai OTK.

19. Rektor Jarang ditempat, sering menghadiri undangan yang terkadang tidak ada kontribusinya untuk kemajuan ISBI Aceh.

20. Prodi Musik Nusantara diubah menjadi Prodi Musik Karawitan dengan alasan tidak ada nomenklatur untuk prodi Musik Nusantara, padahal bila di cek di forlap ristekdikti Keduanya berstatus aktif.

21. Penggunaan Fasilitas Mobil yang seharusnya diperuntukan untuk menunjang kegiatan akademik mahasiswa namun dipergunakan untuk keperluan antar jemput staf dari Banda Aceh ke Jantho.

22. Banyak Perjalanan Dinas yang dilakuakan oleh Staf Kependidikan hasilnya nihil, tanpa ada informasi yang disampaikan sepulang kegiatan.

23. Tidak Adanya Hubungan Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah di Tingkat Provinsi, sehingga keberadaan ISBI Aceh tidak terperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah Aceh.

24. Sistem Penerimaan Dosen/Karyawan Tidak berdasarkan Peraturan Kelembagaan.

25. Kuota dosen masing-masing prodi tidak memenuhi untuk proses akreditasi.

26. Belum adanya progres yang signifikan dalam perencanaan pembangunan kampus ISBI Aceh secara fisik.

Salah satu dosen yang mengundurkan diri dari jabatan tugas tambahan, Yandri Syafputra (Eks Sekretaris Jurusan Seni Pertunjukan) menyebutkan, memasuki tahun ketiga ISBI Aceh, banyak hal mendesak dan penting tentang keberlangsungan serta kejelasan status ISBI Aceh tidak mampu dilaksanakan oleh kebijakan Rektor dan kinerja struktural serta staf tanaga kependidikan ISBI Aceh. Kebijakan Rektor yang tidak konsisten dan tumpang tindih terkesan tidak sesuai aturan pemerintah dan menimbulkan beragam masalah.

“Hari ini, kami para dosen dan pimpinan institusi beramai-ramai mengundurkan diri atas mosi tidak percaya terhadap kinerja Rektor dan tenaga kependidikan ISBI Aceh. Surat pengunduran diri telah kami serahkan kepada Rektor ISBI Aceh, kemudian selanjutnya tembusan surat dan tuntutan kami akan disampaikan kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dari 36 dosen tetap ISBI Aceh, 29 dosen diantaranya mendukung aksi ini” Ungkap Yandri Syafputra.

Adapun poin dari aksi tersebut di antaranya:

1. Mosi Tidak Percaya atas Kinerja Rektor ISBI Aceh dan Staf Tenaga Kependidikan ISBI Aceh.

2. Kami (Dosen yang mendapat Tugas Tambahan) yang tersebut namanya di bawah bersama ini menyatakan meletakkan jabatan secara bersama-sama sebagai bentuk ketidakpercayaan kami kepada Rektor ISBI Aceh.

3. Kami memohon Menristekdikti untuk meninjau kembali SK perpanjangan Jabatan Rektor ISBI Aceh, dan memakzulkan untuk dicopot.

4. Meminta kepada Menristekdikti untuk melakuakn reformasi birokrasi di ISBI Aceh, agar Kolusi, Korupsi dan Nepotisme dapat diberantas sesuai Nawa Cita.

Setelah aksi ini, rencananya para dosen akan mengantar langsung surat mosi tidak percaya tersebut ke Kemenristekdikti.***

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: 29 Dosen ISBI Aceh Mundur dari Jabatan dan Sampaikan Mosi Tidak Percaya pada Rektor
29 Dosen ISBI Aceh Mundur dari Jabatan dan Sampaikan Mosi Tidak Percaya pada Rektor
https://2.bp.blogspot.com/-LVVggWmW1Uw/WSxE9hHllWI/AAAAAAAACx0/Rjr6O4zsrokuq3fVG9FL_Lq-7BCblCb7gCLcB/s640/17792497_1432879880118620_201135303_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-LVVggWmW1Uw/WSxE9hHllWI/AAAAAAAACx0/Rjr6O4zsrokuq3fVG9FL_Lq-7BCblCb7gCLcB/s72-c/17792497_1432879880118620_201135303_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/05/29-dosen-isbi-aceh-mundur-dari-jabatan.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/05/29-dosen-isbi-aceh-mundur-dari-jabatan.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago