Archive Pages Design$type=blogging

News

JAZZ RASA ACEH

(Oleh Hardiansyah Ay)* Minggu, 21 Mei 2017 Aceh diselimuti dengan bunyi–bunyian Music Jazz atas dideklarasikannya sebuah komuni...


(Oleh Hardiansyah Ay)*

Minggu, 21 Mei 2017 Aceh diselimuti dengan bunyi–bunyian Music Jazz atas dideklarasikannya sebuah komunitas Jazz Aceh yang bertajuk “Aceh Jazz Forum Reborn”. Peristiwa ini membuktikan bahwa music Jazz juga hidup di tengah–tengah masyarakat Aceh. Acara diawali oleh sambutan ketua panitia Dindin Achmad kemudian dilanjutkan beberapa penampilan dari musisi-musisi jazz Aceh. Agam Hamzah seorang gitaris Jazz kawakan sekaliber musisi Jazz Internasional yang berdarah Aceh juga ikut memeriahkan acara ini.

Berbagai Sub-genre Jazz pun disuguhkan, mulai dari Latin Jazz, Funky, Soul jazz, Swing hingga Jazz rasa Aceh. Jazz merupakan sebuah genre musik yang cukup lentur, Jazz dapat memuai dan dikolaborasikan dengan musik dan dengan idiom-idiom bunyi apapun tanpa harus menghilangkan identitas dan ciri khas bunyi masing-masing. Hal ini dibuktikan oleh Yusuf Bombang dengan nama gaulnya “Apa Kaoy”. Cukup menarik, Yusuf Bombang berhikayat yang dibalut dengan komposisi Jazz yang dirangkai oleh seorang Keyboardist Moritza Thaher dan didukung oleh beberapa Musisi Jazz Aceh lainnya seperti Maiwansyah (bass), Dedy mulia (Drum), Didin Achmad (Percusion).

Aksi mereka cukup menghipnotis para penonton untuk masuk ke dalam ranah pertunjukan Free Jazz yang alot. Agam Hamzah juga tidak mau kehilangan moment dalam kesempatan ini, Agam Hamzah berkolaborasi dengan beberapa seniman tradisi Aceh yang dimotori oleh Jamal Abdullah, dengan persiapan latihan yang cukup singkat mereka melahirkan sebuah komposisi musik yang luar biasa. Petikan-petikan gitar Agam Hamzah yang ciamik disandingkan dengan tiupan seurune kalee dan tetabuhan perkusi Aceh seperti Rapai dan Geundeurang. Fantastis!! Pada malam itu keduanya, Agam Hamzah dan Yusuf Bombang telah melahirkan sebuah komposisi Jazz rasa Aceh.

Jazz dan Musik Tradisional
Jazz merupakan sebuah genre musik yang lahir dari Blues yaitu sebuah musik tradisional Afro-Amerika dan juga terdapat unsur musik Ragtime di dalamnya. Secara bentuk musik Jazz tidak terdefinisi, sampai-sampai ketika seorang legenda musisi jazz sekelas Louis Amstrong diberi pertanyaan apa itu jazz? Dia hanya dapat menjawab dengan “jika kamu ingin tahu apa itu jazz maka dengarkan“. Jazz yang sangat mengandalkan kemampuan improvisasi menjadikan genre ini dapat digabungkan dengan unsur musik apapun, ciri khas yang dimilikinya menjadikan musik ini berkembang sangat pesat dengan warna-warna baru mulai dari swing hingga Jazz yang dikolaborasikan dengan musik tradisional.

Di Indonesia perkembangan jazz sendiri sudah cukup mapan, musisi-musisi jazz Indonesia telah banyak melahirkan musik jazz rasa Indonesia, pada tahun 1967, Tony Scott seorang musisi jazz asal Amerika berkolaborasi bersama beberapa musisi Indonesia seperti Jack Lesmana, Bubi Chen, Maryono, Benny Musthapa dan Jopie Chen, dengan nama grup Tony Scott and Indonesian All Star melahirkan beberapa rekaman musik jazz rasa Indonesia dengan salah satu karya andalan mereka berjudul Djanger Bali. Begitu juga dengan grup Krakatau, sebuah grup Fusion Jazz yang sangat popular ditahun 80’an dengan salah satu albumnya yang diberi judul “Two World”. Hingga saat ini jazz terus mengayomi berbagai jenis musik yang ada di Indonesia.

Dalam sebuah perbincangan dengan Agam Hamzah yang kira-kira isinya begini “jazz bertindak sama seperti musik tradisi dalam perlakuannya, setiap pemain meluapkan bunyi dengan berbagai ekspresi individunya, dibarengi dengan kemampuan penyampaian kalimat-kalimat musik dengan segala tekniknya yang matang, dilakukan dengan spontan atas empiris bunyi yang mereka dapat, begitulah seharusnya kita dalam memahami jazz.

Akhirnya tulisan singkat ini ingin menceritakan tentang akan tumbuhnya sebuah warna musik baru yang berangkat dari musik tradisi, untuk menjadi referensi dan barometer sebuah komposisi musik bagi generasi Aceh kedepan. Semoga.

*Penulis adalah Dosen di Jurusan Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: JAZZ RASA ACEH
JAZZ RASA ACEH
https://3.bp.blogspot.com/-PpA0pxrulX0/WSWsUcHSnwI/AAAAAAAACwo/mD-QMPz-eUABUqfvqD_fkx86IL9anCMugCLcB/s640/18741166_1498749566864984_755889568_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-PpA0pxrulX0/WSWsUcHSnwI/AAAAAAAACwo/mD-QMPz-eUABUqfvqD_fkx86IL9anCMugCLcB/s72-c/18741166_1498749566864984_755889568_n.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/05/jazz-rasa-aceh.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/05/jazz-rasa-aceh.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago