Archive Pages Design$type=blogging

News

Kajian Pementasan UKM Teater Nol Unsyiah "Cut Po Marissa"

(Oleh Muhrain)* Teater Nol Unsyiah kembali mentas di Taman Seni dan Budaya Aceh, Jumat malam, 19 Mei 2017 dengan mengusung tema per...


(Oleh Muhrain)*

Teater Nol Unsyiah kembali mentas di Taman Seni dan Budaya Aceh, Jumat malam, 19 Mei 2017 dengan mengusung tema perempuan sebagai tanda sebuah anasir kehidupan dalam judul naskah "Cut Po Marissa" adaptasi "Nyonya-Nyonya" oleh Wisran Hadi.

Ketika ditanya apa dan bagaimana kesan yang diperoleh dari suatu tontonan seni khususnya teater, penonton umumnya akan menyatakan dalam bahasa klise seperti: asyik, bagus, menarik dan jawaban lain yang serupa. Tetapi jika ditanyakan menurut penonton, sudahkah mendapatkan "sesuatu" dari tontonan? Inilah jawaban yang mengarah kepada "nilai seni".

Pementasan dimulai dari sudut kiri penonton berupa pekarangan rumah, lighting yang cukup redup menghias akting pembuka dari Cut Po Marissa selaku aktor utama serta sang lelaki tetangga yang sungguh sejak awal memulai kisahnya sudah tampak gelagat aroma penggoda. Sikap memandang materi sebagai Patron nilai tampak hadir menjadi penghubung keseluruhan cerita.

Masih diintriki oleh adegan seputar materialisme, jelang ke konflik, alur cerita turut dihiasi celotehan-celotehan lincah dan memukau atas kesanggupan para aktor menderai decak tawa penonton lewat getsture, mimik maupun movement yang menggelikan. Bumbu pengulangan diksi turut juga menambah 'sedap'-nya permainan.

Meski sempat diwarnai desing chouse soundsystem, aktor tetap terlihat konsen dalam berlakon, hanya saja beberapa penonton sempat terkejut​ dan mengira itu efek suara belaka. Pentas pada bagian pertengahan alur tampak didesain secara matang oleh Miswar selaku penata artistik. Kematangan garapan Teater Nol Unsyiah kali ini secara keseluruhan terdapat pada setting panggung dan penguasaan akting para aktornya. Adaptasi naskah "Nyonya-Nyonya" oleh Wisran Hadi kentara sekali dari sisi dialek aktor, selain juga Beni Arona selaku sutradara memberikan polesan dari sisi sentilan-sentilun disisipkan dalam dialog adegan.

Kembali menyinggung tema perempuan dalam arti luas, penonton mendapatkan satu pencerahan yang sesungguhnya didapatkan dari upaya mengkaji simbol-simbol, tanda maupun petanda suatu ungkapan. Ditampilkannya keliaran imajinasi atas fungsi akting bagi aktor untuk penonton tidak lain agar ungkapan yang kasat mata dicoba perhalus kemudian dalam sebuah garapan bernama teater. 

Sehingga dari sinilah "sesuatu" yang dimaksudkan tulisan ini di awal dapat terjawab, bahwa "perempuan adalah wajib menjaga pusakanya, yakni harga dirinya", atau bahwa "setiap perempuan yang teramat takut pusaka dirinya tercoreng sepatutnyalah didukung, dilindung" dan terjemahan makna ain sebagainya yang oleh seniman teater menyebutnya dengan kebebasan adalah apresiasi paling tinggi dari kata menikmati.

Setiap satu catatan perilaku manusia yang ditokohi para aktor di panggung "Cut Po Marissa" malam tadi telah lunas menghadirkan pergerakan teater Aceh denyutnya kian makin terus ada. Adalah wajar ketika pendapat berkesenian dari seorang kritikus justru lebih memakai panggung kata sebagai tim dan atribut titel, sedangkan bagi para tim produksi teater sekelas Teater Nol Unsyiah yang bermotokan "Dari Tiada Menjadi Ada": PANGGUNG ADALAH PEMBUKTIAN bahwa perempuan harus dibela dengan seni.


*Penulis adalah alumni PPs MPBSI Unsyiah 2016.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Kajian Pementasan UKM Teater Nol Unsyiah "Cut Po Marissa"
Kajian Pementasan UKM Teater Nol Unsyiah "Cut Po Marissa"
https://1.bp.blogspot.com/-_MCDuisjhgk/WSCMhCnvFWI/AAAAAAAACtU/tarEuA-Tof8OvaN3bolqaQV8zDBhTCFbQCLcB/s640/InShot_20170519_200103219.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_MCDuisjhgk/WSCMhCnvFWI/AAAAAAAACtU/tarEuA-Tof8OvaN3bolqaQV8zDBhTCFbQCLcB/s72-c/InShot_20170519_200103219.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/05/kajian-pementasan-ukm-teater-nol.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/05/kajian-pementasan-ukm-teater-nol.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago