Archive Pages Design$type=blogging

News

Kritik Peumulia Jamee pada Acara Pesona Aceh di Yogyakarta

Oleh Rika Agustina Tari Ranup Lampuan merupakan tari kreasi yang telah menjadi tradisi di Banda Aceh dan telah berkembang di selur...


Oleh Rika Agustina

Tari Ranup Lampuan merupakan tari kreasi yang telah menjadi tradisi di Banda Aceh dan telah berkembang di seluruh daerah Aceh. Tarian ini diciptakan oleh Almarhum Yuslizar. Beliau adalah salah satu koreografer yang berasal dari Aceh. Pada acara Pesona Aceh di Jogja yang diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 April 2017 di Hartono Mall Yogyakarta, tari Ranup Lampuan ini telah dipertunjukkan oleh 5 orang penari yang berasal dari Aceh, mereka berstatus mahasiswi di berbagai Universitas yang ada di Yogyakarta. Para penari tersebut berasal dari Sanggar Cut Nyak Dhien Yogyakarta. Tarian tersebut dibawakan sebagai sesi pembuka dari kegiatan acara Pesona Aceh tersebut. 

Tari Ranup Lampuan ini mengisahkan perempuan-perempuan Aceh yang sedang meramu sirih, kemudian sirih disuguhkan kepada penonton atau tamu undangan sebagai bentuk penyambutan atau peumulia jamee, yang telah menjadi adat dan tradisi di Aceh. Dalam pertunjukkannya, ciri khas yang terlihat tidak hanya terletak pada properti sirih dan cerana yang digunakan, namun juga pada tata busana yang digunakan oleh penari harus memiliki ciri khas, yaitu dengan menggunakan baju adat Aceh yang tertutup dan juga songket serta hijab sebagai penutup kepala. Riasan yang digunakan adalah rias cantik, sehingga penari terlihat lebih anggun. 

Tari ini diiringi oleh musik eksternal, yaitu musik yang dibunyikan oleh para pemusik dengan menggunakan alat musik tradisi seperti serune kale, gendrang dan rapa’i. Pun Pemusik juga adalah mahasiswa dari Aceh yang mengenyam pendidikan di kota Yogyakarta. Pemusik mengenakan pakaian tradisi Aceh berupa baju jas berwarna hitam dengan motif kasap Aceh dan bordirannya terletak di bagian dada. Tampak Pemusik berada di sisi kiri bawah panggung. Tari ini berdurasi 7 menit dari awal penari memasuki panggung sampai pada akhir penari turun dari panggung. Dilanjutkan dengan menyuguhkan sirih kepada tamu atau penonton. 

Ragam gerak tari Ranup Lampuan merupakan gerak stilisasi dan maknawi, diawali dengan gerak sembah putri atau salam pembuka untuk penari yang berada di tengah, yang disebut dengan putri dan kemudian salam untuk penonton, gerak menerima tamu dengan lambaian tangan, gerakan memetik sirih, gerakan dari mencuci daun sirih sampai meramu sirih dengan bentuk-bentuk gerak yang simbolis. Dalam pertunjukkan tersebut ada beberapa penari yang melakukan kesalahan gerakan tari sehingga mengurangi kekompakkan para penari. Selain itu tata lampu yang digunakan terbilang kurang mendukung untuk pertunjukkan tari.

Secara keseluruhan penyajian tari Ranup Lampuan pada acara Pesona Aceh di Jogja sangat menarik perhatian pengunjung yang berada di Hartono Mall. Pertunjukkan tari ini dapat menjadi ajang promosi budaya yang dimiliki Aceh. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar pertunjukkan dapat berjalan dengan baik, sehingga penonton akan lebih tertarik dengan tari tradisi Aceh. Salah satunya adalah kekompakkan para penari dalam membawakan tari Ranup Lampuan. Kekompakkan dapat diatasi dengan latihan yang intensif dan kekompakkan juga dapat ditingkatkan dengan cara konsentrasi penari saat melakukan pertunjukkan tari, sehingga dapat mengurangi kepanikan yang dialami penari saat melakukan kesalahan. Panggung yang digunakan terbilang luas untuk jumlah penari 5 orang, maka pemusik yang memainkan alat musik tradisi dapat di posisikan di atas panggung. Dengan begitu secara langsung alat musik tradisi yang digunakan dapat terlihat oleh penonton dan tamu undangan.



Kostum yang digunakan oleh pemusik terlihat sangat baik, pemusik menggunakan baju berwarna hitam. Menurut kepercayaan adat Aceh, warna ini sebagai perlambang kebesaran. Sedangkan kostum penari terbilang sangat sederhana dan warna yang digunakan kurang cocok untuk pementasan di malam hari. Pakaian penari harusnya berwarna lebih cerah atau mengambil warna pakaian tradisi Aceh seperti merah, kuning, dan hijau, serta sulaman kasap yang terdapat di bagian dada dan bordiran yang terdapat di celana panjang bagian kaki. Namun untuk pemakaian hijab terbilang sangat baik karena penari menggunakan aksesoris seperti bunga dan selendang yang menjuntai seperti yang digunakan dalam tari Ranup Lampuan biasanya. 

Selain itu, secara keseluruhan pertunjukkan tari Ranup Lampuan yang telah ditampilkan pada acara tersebut sudah sangat menarik dan membanggakan. Betapa tidak, karena ajang ini dapat menjembatani kesenian tradisi Aceh sehingga dikenal oleh masyarakat luar. Sehingga dapat membantu promosi pariwisata Aceh.

Era globalisasi seperti saat ini yang segala bentuk kegiatan dilakukan dengan teknologi canggih dan modernisasi yang menggila, sehingga tidak ayal para pemuda dan pemudi yang berpedoman pada teknologi yang membuat mereka terkadang lupa akan tradisi, namun yang terlihat dalam acara ini adalah bagaimana para pemuda-pemudi Aceh ini memperkenalkan seni tradisi ke kancah hiburan di luar daerahnya, sembari mengenyam pendidikan.

 
Penulis adalah Mahasiswi Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta Fakultas Seni Pertunjukan jurusan Seni Tari.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Kritik Peumulia Jamee pada Acara Pesona Aceh di Yogyakarta
Kritik Peumulia Jamee pada Acara Pesona Aceh di Yogyakarta
https://2.bp.blogspot.com/-TPdUg01ON-4/WQufKC7wIYI/AAAAAAAACrI/zVZIkKm1Xf4MFO5ulbRLf6rhQwdNVQY_wCLcB/s640/rika.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TPdUg01ON-4/WQufKC7wIYI/AAAAAAAACrI/zVZIkKm1Xf4MFO5ulbRLf6rhQwdNVQY_wCLcB/s72-c/rika.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/05/kritik-peumulia-jamee-pada-acara-pesona.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/05/kritik-peumulia-jamee-pada-acara-pesona.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago