Archive Pages Design$type=blogging

News

Pehikayat pun nge-Jazz di Aceh

Nuansa baru hadir pada perhelatan Launching Aceh Jazz Forum di Museum Tsunami Aceh pada 21 Mei 2017 kemarin. Aceh Jazz Forum adalah aca...


Nuansa baru hadir pada perhelatan Launching Aceh Jazz Forum di Museum Tsunami Aceh pada 21 Mei 2017 kemarin. Aceh Jazz Forum adalah acara yang digagas oleh beberapa forum musik yang ada di Aceh. Mereka para yang terdiri dari musisi itu sepakat untuk menghidupkan kembali forum musik seperti ini.

Perhelatan Launching malam itu sungguh serasa special, dengan bergabungnya Polem di atas panggung jazz. Polem adalah nama lain dari Yusuf Bombang, seniman pehikayat yang masyhur namanya di Aceh.

Kali ini, Dedy Kalee dari media Seputar Seni Aceh (acehmediart.com) berhasil melakukan perbincangan kelas ringan dengan pehikayat Aceh yang juga populer namanya dengan sebutan Apa Kaoy itu. Tentunya sambil mengyeruput kopi. Ya, ini Aceh bung!

Berikut adalah petikan perbincangannya:
Assalamualaikum Polem, selamat malam?
Waalaikum salam, malam selamat, jawabnya.

Apa kabar Polem?
Kabar baik selalu, Alhamdulillah.

Terkait dengan acara malam ini yang melibatkan Polem, sebenarnya apa yang ingin disajikan Polem?
Saya disuruh nyanyi. Saya bilang saya gak bisa nyanyi. Kalo hikayat oke saya bilang. Hikayat juga boleh kata dia.

Tapi ini kan acara Jazz. Bagaimana itu?
Saya berhikayat. Mereka main musik Jazz. Ya..silahkan saja. Saya tetap berhikayat.

hikayat jazz atau bagaimana?
Bicara masalah jazz kan gak harus Afrika, Amerika atau dimana, di Cot Trieng sebenarnya sudah ada Jazz sejak dulu. Cerita lebih lanjut tentang Jazz menurut Polem; Contoh saya bilang, itu dalam seudati kalau menurut saya orang awam musik, sudah ada unsur Jazz di dalamnya. Dalam rapai Pasee juga ada. Kalau tidak percaya tuntun Rapai Pasee secara murni jangan Rapai Pasee yang dimainkan secara tidak murni seperti dalam acara PKA atau acara ini itu lainnya. Tapi pergilahlah nonton Rapai Pasee yang sebenarnya. Dalam Rapai Pasee sudah ada unsur Jazz-nya, itu dalam Seudati juga demikian. Jangan di pikir gak ada. Dalam seni Meurukon di Aceh juga ada Jazz. Nah itu menurut yang saya pahami. Kalo kita bicara terhadap orang-orang yang belum pernah menonton seni Meurukon, belum nonton Rapai Pasee secara murni, gak paham bagaimana Seudati, ya gak dapat dia rasanya.

Berarti Jazz ini juga jauh sudah ada dalam kehidupan masyarakat Aceh ya Polem?
Iya, jauh sebelumnya sudah ada.
(Tiba-tiba perbincangan kami terhenti karena deringan telepon).
Sebentar, Saya ada telpon ini, dari siapa ini, mungkin dari ibu Walikota ini.
Angkat dulu Polem. Jawabku.
Polem: Haloo….Assalamualaikum. halow…. kajak laju ukeu panggong, bak sampeng panggong, bek likot panggong, tapi keu panggong.

Nah kita lanjut lagi, terkait Hikayat, kira-kira berapa lama durasi yang akan polem mainkan nanti?
Saya gak lama. paling tiga menit atau empat menitlah. Saya akan angkat kembali cerita Hikayat Malem Diwa, cuplikannya bagian Teungku Polem Peulot Manok.

Bisa diceritakan sedikit polem?
Teungku Malem ini asalnya di Kota Piadah. Kota Piadah itu dahulu terkenal dengan wilayah Pasee. Ada satu Kerajaan kecil namanya Nanggroe Piadah. Disitulah Malem Diwa bertempat tinggal. Malem Diwa anak Raja Tampok. Jadi suatu hari dia pergi ke Keurutoe. Keurutoe itu tidak jauh dari Kota Piadah. Jadi, dia bawa pulanglah dua butir telor. Dieramkan telur itu pada ayam peliharaannya, lalu beberapa hari kemudian dia periksa dan ternyata ada yang kom. Kom itu apa ya dalam Bahasa Indonesia-nya tanyanya, cuma subutir yang ceh jadi anak. Teungku Polem salah paham. Dia kira itu ayam jantan ternyata itu ayam dara. O..o…..

Oya Polem, kita ingin tahu tentang pesan terkait dengan kegiatan ini. Bisa Polem paparkan sedikit? 
Pesannya, agar generasi sekarang itu menyukai hikayat. Jadi kita bungkus dalam musik Jazz. Walaupun saya sendiri bukan musisi dan bukan penyanyi, tapi dengan arahan dari seorang Musisi Moritza Thaher, katanya saya bisa. Oke kalo bisa, saya nyanyi. Begitulah kisahnya hingga warna baru menghiasi acara sederhana ini.

Demikian saja perbincangan hangat Dedy Kalee dengan Polem malam itu. Selanjutnya, gara-gara pertunjukan singkat Polem, Dedy Kalee juga harus menemui Agam Hamzah, selaku Musisi Jazz. Kita memerlukan pendapatnya, Lempap.

Berikut adalah wawancara singkat Dedy Kalee dengan musisi jazz kenamaan itu:
Apa pendapat bang Agam Hamzah selaku Musisi Jazz ternama di Tanah Air terkait dengan pertunjukan Polem di atas panggung Jazz tadi?
Pertunjukannya sangat menarik sekali. Saya salut kepada Momo (Moritza Thaher) dan teman-teman yang memberikan warna harmoni terhadap nyanyian Yusuf Bombang, sehingga menemukan satu warna dengan harmoni yang khas.

Bagaimana pendapat abang Ketika Hikayat Aceh Dikaitkan dengan Jazz?
Cukup Match. Artinya cara menyanyinya itu punya alunan melodi yang khas. Kemudian di re-harmonisasi sama Momo dengan rithem jazz. Rithem swing. Itu luar biasa menarik saya pikir. Tapi, mungkin kalau bisa lebih dalam lagi nuansa bunyinya, jika rithemnya mungkin tidak memakai swing. Itu menurut saya. bisa memakai rithem dari Aceh yang lebih khas.

Apakah kira-kira pertunjukan Yusuf Bombang semalam layak dibawa ke event Nasional? Artinya muatan lokal yang dibawa ke Panggung nasional, semacam  Jazz Festival?
Bisa saja masuk. Tetapi mesti ada penggarapan yang lebih serius dan mendalam untuk menimbulkan kesan yang mengigit, gereget lah. Sehingga terasa sebuah pertunjukan yang besar.


Perbincangan singkat itu berakhir di sini. Kita bertemu dilain kesempatan, dengan perbincangan yang lebih cool lagi, untuk membuat anda semakin tegang dan membeku, wabakireuh.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Pehikayat pun nge-Jazz di Aceh
Pehikayat pun nge-Jazz di Aceh
https://1.bp.blogspot.com/-GarJ_zQbUEY/WSR4ZHuwaYI/AAAAAAAACwM/iSyYS9d5_pUl9s4053VkQFONMB7zsLJhgCLcB/s640/jazz%2Bforum.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GarJ_zQbUEY/WSR4ZHuwaYI/AAAAAAAACwM/iSyYS9d5_pUl9s4053VkQFONMB7zsLJhgCLcB/s72-c/jazz%2Bforum.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/05/pehikayat-pun-nge-jazz-di-aceh.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/05/pehikayat-pun-nge-jazz-di-aceh.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago