Archive Pages Design$type=blogging

News

Dalaè, Salah Satu Kesenian Religi Aceh

(Oleh : Teuku Ilyas)* Aceh memiliki banyak sekali kesenian islami yang tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan peradaba...


(Oleh : Teuku Ilyas)*

Aceh memiliki banyak sekali kesenian islami yang tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban Islam. Di antaranya adalah seni membaca Dala-il Khairat yang oleh masyarakat Aceh disebut dengan Dalaè Khairat atau MeuDalaè (berdala-il). Dalaè Khairat merupakan aktivitas membaca shalawat yang biasanya dilakukan oleh masyarakat islam pada saat memperingati hari besar Islam. Namun hal tersebut bebeda dengan di Aceh, hampir setiap malam di meunasah-meunasah dalam Gampong sering terdengar orang MeuDalaè.

Pengarang Kitab “Dalailul Khairat” seorang ulama sufi yang populer dikalangan komunitas ahli Tasawuf, bernama lengkap Al-Qutub Al-Fadhil Abu Abdillah Muhammad bin Abdirrahman bin Abi Bakr Sulaiman bin Daud bin Bisyr Al Juzuli As-Samlani Al-Hasani. As Samlali Asy Syadzali Asy Syarif Al Hasani Lahir pada tahun 807 H dan wafat tahun s.d 870 H. Dia termasuk keturunan ahlul bait dari jalur Fathimah bintu Muhammad RA. Dia berasal dari kota Sus Al Marakasyiah. Kota ini terletak di daerah pantai di ujung wilayah Magrib (Maroko/Negara yang berada dikawasan Afrika Utara).

Al Imam Abu Abdillah Muhammad bin Abdur Rahman bin Abu Bakar bin Sulaiman Al Jazuli Rahimahullah, beliau adalah salah seorang sufi yang masyur didalam perkembangan islam. Beliau memiliki nasabnya Jazulah, yaitu sebuah qabilah dari daerah Barbar di Susil Aqsha. Beliau Belajar ilmu di kota Fez (Maroko), dan di sanalah beliau mengarang Dalail Khairat.

Suatu hari Syeikh Sulaiman Al Zazuli akan mengambil air wudhu untuk sholat ketika beliau sedang berjalan disebuah padang pasir. Tetapi beliau tidak mendapatkan alat buat mengambi air dalam sumur. Keadaan itu terus berlangsung sampai ia melihat seorang anak perempuan kecil yang memandanginya dari tempat yang cukup tinggi, lalu anak kecil itu bertanya kepada beliau: “Siapakah Anda?” Beliau kemudian menjelaskan hal ihwal beliau, maka anak itu berkata: “Tuan ini ahli membaca shalawat kepada Rasulullah SAW, dan Tuan ini termasuk orang yang dihormati, mengapa Tuan bingung tidak mendapatkan air?” Kemudian ia pun meludah ke dalam air sumur itu, seketika itu pula airnya naik dan akhirnya memudahkan untuk berwudhu.

Setelah merampungkan wudhunya Syaikh al Jazuli bertanya: “Dengan apa engkau memperoleh karamah (kemuliaan) ini?” Jawabnya: “Karena saya memperbanyak membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, yang mana jika seseorang berjalan di daratan yang tiada makanan & air, bergantunglah binatang-binatang buas kepadanya”. Lalu beliau bersumpah untuk mengarang sebuah kitab shalawat Nabi SAW, pelindungku, yang melebihi ilmu Aqliyah dan Naqliyah. Jadilah kitab Dalail Khairat tersebut. Cerita di atas dikutip dari http://nurulmakrifat.blogspot.co.id.

Mengapa “Dalaè Khairat” dianggap sebagai salah satu kesenian?

Unsur estetika yang terlihat jelas ketika kita menyimak cara orang membaca atau melantunkan  Dalaè Khairat telah mampu mengantarkan persepsi kita bahwa Dalaè Khairat  adalah sebuah bentuk kesenian. Disaat yang sama mereka juga sangat memperhitungkan unsur harmonisasi pada irama-irama yang digunakan dan selanjutnya mengkolaborasikan rentak irama lagu-lagu yang dibawakan dengan gerakan-gerakan tubuh pembaca dengan kompak telah mempertegas bahwa Dalaè Khairat bisa disebut sebagai sebuah kesenian yang lahir dari peradaban islam di Aceh.

Dalam kajian seni islami, sah-sah saja ketika kita menganggap Dalaè Khairat sebagai satu bentuk pertunjukan seni. Karena memang dalam setiap pertunjukannya tidak ada hal yang bertentangan dengan aqidah Islam. Dimana dalam konsep seni islami dapat kita lihat bahwa kehadiran satu bentuk karya seni tidak boleh bertentangan dengan aqidah secara Islam.

Dalam setiap pertunjukannya Dalaè Khairat mengutamakan adab dalam melakukan kesenian ini. Seperti mereka haruslah berwudhu dan suci dari najis. Hal ini di karenakan mereka dalam pertunjukannya melantunkan nama-nama Allah SWT dan menyampaikan shalawat nabi. Kefasihan seorang pembaca Dalaè Khairat menjadikan kesenian ini amat sakral sehingga menjadikan kesenian ini merupakan sebuah kesenian yang serius karena jika dibawakan dengan semena-mena dan salah dalam hal makhratz maka akan berdosa.

Merujuk pada rukun atau struktur pertunjukannya, dibagian akhir Dalaè Khairat membawakan kisah-kisah islami yang disepakati dengan istilah bagian Dzikir. Ini menunjukkan bahwa secara fungsi sosial Dalaè Khairat sangat kuat unsur fungsi religi/syiar Islam.

Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa Dalaè Khairat bisa dikatakan sebagai satu bentuk kesenian Islami yang khas di Aceh. Dan ini merupakan satu bentuk kesenian yang harus dijaga kelestariannya mengingat Aceh menjadi salah satu kota dengan konsep wisata religi.

Tentunya perhatian pemerintah sangatlah diharapkan dalam hal ini. Mungkin pemerintah harus mulai sering melakukan ajang-ajang atau event yang bisa melibatkan Dalaè Khairat. Seperti melakukan kegiatan lomba antar kecamatan atau bahkan tingkat kabupaten yang dengan demikian akan terlihat generasi penerus yang lahir untuk kesenian Dalaè Khairat ini. Semoga.

Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh.

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Dalaè, Salah Satu Kesenian Religi Aceh
Dalaè, Salah Satu Kesenian Religi Aceh
https://4.bp.blogspot.com/-BuMjCN-LRZ0/WUWeHcxF6LI/AAAAAAAAC1o/M4Io9dmqBqkj9XuOtDDrtAGwfGKyvu8XwCLcBGAs/s640/acehmediart%2Bfoto.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BuMjCN-LRZ0/WUWeHcxF6LI/AAAAAAAAC1o/M4Io9dmqBqkj9XuOtDDrtAGwfGKyvu8XwCLcBGAs/s72-c/acehmediart%2Bfoto.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/06/dalae-salah-satu-kesenian-religi-aceh.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/06/dalae-salah-satu-kesenian-religi-aceh.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago