Archive Pages Design$type=blogging

News

Ini Sikap DKA Terkait Kasus Pemukulan Dosen di ISBI Aceh

BANDA ACEH _ Terkait kasus demonstrasi mahasiswa Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh pada Tanggal 2 Juni 2017 di lingkungan k...


BANDA ACEH_ Terkait kasus demonstrasi mahasiswa Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh pada Tanggal 2 Juni 2017 di lingkungan kampus ISBI di Jantho, Aceh Besar, yang berakibat pemukulan kepada dua orang dosen ISBI Aceh telah melahirkan pemberitaan yang meluas dan keprihatinan. Dewan Kesenian Aceh (DKA) melalui ketuanya Nur Maida Atmadja pun menyampaikan sikap.

Melalui rilis yang dikirimkan ke redaksi acehmediart.com yang bertanggal 7 Juni 2017, Dewan Kesenian Aceh menganggap bahwa kasus kekerasan yang melibatkan aparat keamanan dan dilakukan di hadapan pimpinan kampus termasuk rektor ISBI adalah sebagai realitas yang mengusik rasa kemanusiaan.

"Bagaimana mungkin, di sebuah pendidikan tinggi, di bulan Ramadhan, untuk sebuah demonstrasi damai dan dilakukan di dalam lingkup kampus yang memiliki otonomi harus diselesaikan oleh aparat keamanan? Itu menjadi tanda bahwa praktik Orde Baru terulang kembali di dunia perguruan tinggi kita ketika aparat keamanan bisa mengintervensi dengan bebas urusan internal kampus" ungkapnya.

Nur Maida Atmadja juga menyampaikan bahwa kasus pemukulan yang menimpa dua orang dosen yang juga pekerja seni dan salah seorangnya pengurus Dewan Kesenian Sabang (DKS) menjadi perhatiannya sebagai pengurus Dewan Kesenian Aceh (DKA).

"DKA rebagai representasi para seniman dan pekerja seni Aceh merasa perlu menyampaikan pandangan bahwa cara-cara barbar dalam merespons sikap kritis tak pantas hidup di institusi kesenian dan kebudayaan. Hal itu juga menunjukkan lemahnya kedewasaan pimpinan ISBI Aceh untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dengan cara-cara bijaksana" Lanjutnya.

Lebih lanjut Nur Maida Atmadja juga mengungkapkan bahwa lahirnya ISBI Aceh sebagai Perguruan Tinggi seni pertama dan satu-satunya di Aceh tersebut proses lahirnya melibatkan DKA sebagai inisiator dan fasilitator. Menurutnya, proses pembentukannya ISBI Aceh, disamping untuk membangun infrastruktur pendidikan seni yang mumpuni dan mengembangkan kualitas pengajaran, penelitian, dan ekspresi seni di Aceh, juga menjadi upaya menyebarkan budaya santun dan tamaddun. Dalam hal ini, jika kekerasan dipertunjukkan, menjadi tanda bahwa pimpinan ISBI Aceh tidak memahami sejarah pembentukan perguruan tinggi ini.

Untuk itu DKA meminta kepada pimpinan ISBI Aceh untuk menjaga warisan kebudayaan yang sudah lahir di tanah Serambi Mekkah ini. Demikian pula kepada publik Aceh untuk memikirkan tentang pengembangan ISBI agar dapat berkembang sesuai dengan sejarah pembentukannya. "Sebagian pendidik dan mahasiswa di ISBI Aceh adalah rekan-rekan yang tergabung di dunia kesenian di Aceh dan juga pengurus Dewan Kesenian. Praktik kekerasan itu jauh dari peradaban yang selama ini kami tumbuhkan dalam pergaulan sesama seniman dan juga dalam pengelolaan Dewan Kesenian baik di DKA atau Dewan Kesenian kabupaten/kota" Tutupnya.***

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Ini Sikap DKA Terkait Kasus Pemukulan Dosen di ISBI Aceh
Ini Sikap DKA Terkait Kasus Pemukulan Dosen di ISBI Aceh
https://3.bp.blogspot.com/-Rgm7jgnVsEY/WTfzUH5_0MI/AAAAAAAAC0Y/HUSsaqYDioAUfmGBcQC4h1ig1tyrnIHWACLcB/s640/ddd.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Rgm7jgnVsEY/WTfzUH5_0MI/AAAAAAAAC0Y/HUSsaqYDioAUfmGBcQC4h1ig1tyrnIHWACLcB/s72-c/ddd.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/06/ini-sikap-dka-terkait-kasus-pemukulan.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/06/ini-sikap-dka-terkait-kasus-pemukulan.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago