Archive Pages Design$type=blogging

News

Mengikuti KanDe Hingga ke Holland Festival

Penulis: Chairiyan Ramli Penyunting Tulisan: Dedy Kalee Tulisan ini merupakan rekam jejak team KanDe dalam proses mengikuti sebua...


Penulis: Chairiyan Ramli
Penyunting Tulisan: Dedy Kalee

Tulisan ini merupakan rekam jejak team KanDe dalam proses mengikuti sebuah iven Holland Festival di Amsterdam. Bukanlah perkara susah atau mudah, akan tetapi membangun sebuah peradaban melalui seni budaya dewasa ini harus semakin terbuka. Siapa-pun dapat menyajikan kesenian indatu hingga ke ujung dunia. Selamat membaca!

Semua berawal ketika datangnya wakil dari holland festival pada akhir 2016 untuk menemui KanDe di Banda Aceh. Mereka datang dengan keseriusan untuk mengundang KanDe ke Holland festival #70 di Amsterdam. Serangkaian pembicaraan pun terjadi hingga berakhir dengan sebuah negoisasi. Akhirnya kande pun yakin, ketika melihat keseriusan pengundang yang sangat menginginkan KanDe agar terlibat dan ikut menyemarakkan festival internasional tersebut.

Tepat pada tanggal 03 Juni 2017, akhirnya KanDe pun bertolak ke Jakarta untuk serangkaian persiapan latihan dan pengurusan visa. Setiap malam KanDe latihan dan melakukan evaluasi pemantapan grup di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah demi penampilan yang solid dan untuk membangun kekompakkan.

Akhirnya setelah mendapatkan visa dan latihan yang lebih dari cukup, waktu keberangkatan itupun tiba. Tanggal 13 Juni 2017, pukul 16.00 WIB, team KanDe bergegas menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk berkumpul dan menyelesaikan administrasi keberangkatan ke Amsterdam.

Pukul 23.00 WIB akhirnya seluruh team KanDe sudah berada dalam perut pesawat Garuda Ga 088 yang terbang langsung ke Amsterdam tanpa transit. Sebuah perjalanan petualang yang ditempuh hampir 14 ribu kilometer dengan 14 jam terbang.

Tgl 14 Juni 2017, Pukul 08.00 Waktu Amsterdam pesawat Garuda yg membawa team KanDe akhirnya mendarat selamat di Bandara Schiphol, untuk selanjutnya dijemput oleh perwakilan Holland Festival. KanDe akhirnya dibawa menuju hotel Casa Amsterdam untuk melepas lelah, sebelum nantinya beraksi di atas panggung.

Satu hal yang sedang terjadi di sini bahwa cuaca Amsterdam yang hangat sejalan dengaan musim panas yang sedang berlangsung. Ini juga sebuah nuansa kehidupan yang begitu eksotis.

Tanggal 15 Juni, Pukul 13.00 waktu Amsterdam, KanDe menyempatkan diri untuk latihan persiapan terakhir  pada sebuah studio di seputaran Amsterdam. Latihan berlangsung sampai jam 15.00.

Tanggal 16 Juni, Pukul 15.00 waktu Amsterdam Panitia Holland Festival sudah menjemput Team untuk proses sound check di Gedung Paradiso. Sound check berlangsung sampai jam 17.30, dan setelah itu KanDe kembali ke Casa Hotel untuk persiapan akhir menuju performance pada pukul 20.30.

Pukul 19.00 panitia siap menjemput ke hotel. Akhirnya team KanDe siap sejak pukul 20.00 di Paradiso Hall, sebuah gedung pertunjukan yang sangat menawan dengan accoustic dengan cita rasa tinggi  nilai seni nya. Pencahayaan dan sound system yang begitu fantastis. Amboi indah nian andai ada di nanggroe-ku.

Setelah semua siap diatas panggung, pintu penonton-pun dibuka, penonton memenuhi setiap jengkal ruangan. Sebagian kecil penonton berasal dari Indonesia dan sebagian besarnya lagi adalah dari belahan Eropa

Pertunjukan pun dimulai dengan lagu pembuka HPH, sebuah lagu yg peduli terhadap kelestarian hutan. Pancingan lagu pertama cukup mengena hingga penonton mulai hanyut dalam nada-nada dan gerakan-gerakan yang dimainkan.

Suasana semakin ramai dengan tampilnya lagu Asai Nanggroe, Mungkar wa Nangkir, Tarek Pukat, Lagu Rapa i dan Meuseunoh yang heroik. Lagu-lagu tersebut berhasil menghipnotis penonton untuk ikut bergerak tanpa henti mengikuti irama lagu, hingga tak terasa lagu penutup Hoom dimainkan dan mengundang decak kagum dan rasa penasaran penonton, namun pertunjukan akan segera berakhir.

Gemuruh dan riuhan standing applaus yang tak henti-henti, para penonton bersorak more ..more.. hingga team KanDe yang seharusnya menyudahi penampilan menuruti permintaan penonton untuk memainkan lagu ekstra Aneuk Raja diiringi tepukan penonton secara terus menerus.

Akhirnya KanDe harus menyudahi performance malam itu di Paradiso Hall, dikarenakan waktu untuk pertunjukan KanDe telah over. Jabat tangan dan pelukan penonton serta berbagai ucapan pujian pun mengantarkan team KanDe menuju ruang ganti.

Alhamdulillah tugas dalam mengenalkan musik Negeri dan Daerah sendiri berhasil ditunaikan dengan sempurna. Terima kasih Holland Festival, semoga kita bertemu lagi di lain waktu. Salam budaya.***

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Mengikuti KanDe Hingga ke Holland Festival
Mengikuti KanDe Hingga ke Holland Festival
https://4.bp.blogspot.com/-AAvHzsVWzn0/WUlBgPIVc2I/AAAAAAAAC14/JEwwq0V-A8oePaJb2KzsWzZCNhdE-e9igCLcBGAs/s640/acehmediart%2Bkande.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-AAvHzsVWzn0/WUlBgPIVc2I/AAAAAAAAC14/JEwwq0V-A8oePaJb2KzsWzZCNhdE-e9igCLcBGAs/s72-c/acehmediart%2Bkande.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/06/mengikuti-kande-hingga-ke-holland.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/06/mengikuti-kande-hingga-ke-holland.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago