Archive Pages Design$type=blogging

News

Mengintip Karya Mahasiswa/i ISBI Aceh di Tengah Angin Ribut

Oleh: Dedy Afriadi, M.Sn* Pagi itu (Rabu, 14 Juni 2017) saya terjaga dari tidur. Ketukan pintu yang begitu pelan itu sebuah isyarat...


Oleh: Dedy Afriadi, M.Sn*

Pagi itu (Rabu, 14 Juni 2017) saya terjaga dari tidur. Ketukan pintu yang begitu pelan itu sebuah isyarat dari seseorang untuk membangunkan dari tidurku. Perlahan tubuh lelah ini mengumpulkan energi agar segera bangkit, beranjak dari sandaran Kasur kapas dan segera membuka pintu. Pintu ku buka 2 sosok bertatap wajah. 6 pasang mata sepakat sebentar lagi bertemu di kampus seni rupa.

Minggu ini merupakan minggu terakhir perkuliahan. Ujian dan tugas-tugas serta presentasi karya seni mahasiswa/i Isbi Aceh diuji dalam minggu ini. saya dan pak Ansar Salihin sesaat lagi akan menilai ujian final mata kuliah nirmana 3 dimensi.

Dari ruang dosen menuju kelas mahasiswa/i hanya berjarak 20 meter. Ketika sampai di pintu kelas, saya dikejutkan dengan satu karya tergangantung rapi di sisi kanan papan tulis. Karya ini adalah karya yang sedang hangat terjadi di kampus kami. Ini begitu surprise. Teks dan konteksnya tepat. Sialan dalam hatiku. Nanti saya ceritakan lebih lanjut tentang karya ini.

Kelas dibuka oleh Pak Ansar. Beberapa mahasiswa/i tampak siap mengikuti ujian. Tumpukan laporan tersaji di meja kami. Ujian hari ini adalah presentasi karya nirmana 3 dimensi (tugas kelompok). Kelompok pertama mempresentasikan sebuah karya dengan bentuk konstruksi lampu. Mengambil material dari materi perkuliahan seperti instruksi soal ujian. Material karya ini berupa kayu, paku, benang woll, tusuk sate, dan sendok es krim.

Karya ini disusun sedemikian rupa layaknya sebuah kap lampu raksasa dengan permainan sinar yang beragam. Karya Ini cocok ditempatkan pada luar ruangan atau taman-taman. Presentasi yang disajikan begitu baik. Pertanyaan dari mahasiswa terkait presentasi karya ini hanya beberapa orang saja. Kami sebagai dosen justru sangat tertarik agar karya ini segera dibuat dalam skala besar agar dapat mengisi ruang kosong di kampus asri ini.

Kelompok kedua mengangkat karya serupa dengan konstruksi berbeda. Bongkahan pohon dengan bentuk ciamik berhasil direspon dalam karya ini. menggunakan material kayu, paku, sedotan, sendok es krim, benang wool dan beberapa material elemen pendukung. Sayangnya Komposisi karya ini terlalu padat dan sesak, sehingga menjadi kurang tertata. Sekiranya ada beberapa elemen yang diminimkan dalam karya ini, maka menjadi sangat menarik.

Saran dari kami terkait karya ini bahwa seorang seniman harus sadar kapan ia harus berhenti dalam berkarya. Maksudnya, jika karya tersebut sudah sesuai ide dan target, alangkah lebih baik dicukupkan pengerjaannnya. Tidak dipaksa untuk melanjutkan. Dalam kasus ini dikhawatirkan karya yang sudah sesuai dengan ide dan maksud dari sebuah karya tidak keluar dari target yang dicapai.

Adapun karya terakhir yang dipresentasikan adalah karya yang Lempap tadi di atas. Sebuah karya kerja kelompok mahasiswa/i yang membuat sekelas surprise tadi. Berikut adalah presentasi mereka terkait karya ini: "Asslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami dari kelompok  terakhir akan mempresentasikan karya kami" ucap perwakilan dari mereka.


Pada tanggal 02 juni 2017, dimana kami mahasiswa/i ISBI Aceh melakukan unjuk rasa perdana dalam rangka mendesak mundurnya rektor, bahwasanya ada ketidakpercayaan terhadap amanah yg sudah dberikan kepadanya. Aksi unjuk rasa ini bertempat di depan Rektorat ISBI Aceh. Dasar kejadian itu saya dan kawan-kawan terinspirasi untuk membuat tugas akhir nirmana 3D semester ini.

Dalam karya ini, bagian atasannya berbentuk awan dan bertuliskan "SAVE ISBI ACEH". Kemudian di bagian bawahnya terdapat susunan bunga terbuat dari sedotan yang dijahit dengan benang. Pada ujung bunga terikat gambar yang berbentuk bermacam lambang sosial media seperti Facebook, line, youtube, BBM, dan WhatsApp.

Dalam perangkaian bunga-bunga tersebut, ada beberapa potongan kayu yang bertuliskan nama-nama mahasiswa/i Prodi Kriya Seni Angkatan 2017, serta nama dosen pembimbing mata kuliah nirmana 3D. Bentuk awan bertuliskan "SAVE ISBI ACEH" pada badan depan dan belakangnya seolah-olah diterbangkan ke langit yang diikuti oleh ikon media sosial yang menggambarkan bahwa berita tersebut sedang booming atau hangat  di sosial media. Adapun tujuan dari karya kami tersebut untuk mengajak teman-teman semua agar menyelamatkan generasi-generasi selanjutnya.

Presentasi singkat dari kelompok ini sangat bermakna di tengah angin rinbut dan awan hitam yang menyelimuti ISBI Aceh. Karya semacam ini sekaligus dapat mengajak banyak pihak agar menyelamatkan lembaga perguruan tinggi seni agar lebih baik untuk masa depan pendidikan seni di Aceh.

Setelah presentasi selesai dipenghujung ujian, disepakati agar karya-karya terbaik dari setiap mahasiswa/i dari karya awal hingga akhir akan dipamerkan kembali di Gedung Rektorat ISBI Aceh dalam rangka menyambut mahasiswa/i baru angkatan ke-empat. Selain untuk mahasiswa/i, pameran ini juga terbuka untuk umum sebagai bentuk pertanggungjawaban atas karya-karya yang lahir dari lembaga institusi seni Aceh.

Kami sebagai pengajar sangat  mengapresiasi karya-karya semester kedua ini. Karya mahasiswa/i angkatan ke-tiga ini jauh lebih meningkat kualitasnya dalam berkarya. Artinya, karya dalam mata kuliah ini lebih baik dari angkatan-angkatan sebelumnya. Semoga generasi penerus yang ingin menempuh pendidikan seni di ISBI Aceh ke depan dapat bersaing dan menunjukkan integritasnya dalam berkarya di Bumi Serambi Mekkah. Amin.


*Penulis adalah Dosen di Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh

COMMENTS

Name

acara Artshop Biografi Event Galeri Global Karya Cerpen Karya Puisi Komunitas Literatur Seni News Opini Profil
false
ltr
item
Aceh Media Art: Mengintip Karya Mahasiswa/i ISBI Aceh di Tengah Angin Ribut
Mengintip Karya Mahasiswa/i ISBI Aceh di Tengah Angin Ribut
https://4.bp.blogspot.com/-WMYKr3d9ZhE/WUGqoltQOzI/AAAAAAAAC04/jfRQKW4Qo8wI0HrGAz_Q7Tf00vgmLTpOQCLcBGAs/s640/acehmediart%2B8.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WMYKr3d9ZhE/WUGqoltQOzI/AAAAAAAAC04/jfRQKW4Qo8wI0HrGAz_Q7Tf00vgmLTpOQCLcBGAs/s72-c/acehmediart%2B8.jpg
Aceh Media Art
http://www.acehmediart.com/2017/06/mengintip-karya-mahasiswai-isbi-aceh-di.html
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/
http://www.acehmediart.com/2017/06/mengintip-karya-mahasiswai-isbi-aceh-di.html
true
4096604943189198512
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago